Melalui CFD, PLN Sumbar Kenalkan Motor Listrik pada Masyarakat

GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto bersama Wagub Sumbar Nasrul Abit tengah konvoi bersama menggunakan motor listrik
GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto bersama Wagub Sumbar Nasrul Abit tengah konvoi bersama menggunakan motor listrik (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - PLN Unit Indut Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) mengenalkan motor listrik sebagai kendaraan masa depan pada masyarakat melalui kegiatan Future Riding, yang diisi dengan kegiatan testdrive motor listrik, touring bahkan freestyle dengan motor listrik bersamaan dengan CFD di sepanjang jalan Sudirman, Minggu, 24 November 2019.

Puluhan kendaraan listrik dipajang dan ada beberapa yang dicoba (test drive) oleh pengunjung CFD. Pengunjung CFD dan para tamu undangan yang hadir juga dibuat terpana oleh aksi freestyler profesional yang lincah berakrobat dengan motor listrik. Siapa yang menyangka, aksi extrem ini pun bisa dilakukan dengan motor listrik.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit juga turut mencoba merasakan sensasi mengendarai kendaraan listrik ini dengan mengikuti touring di penghujung acara bersama dengan GM PLN Wilayah Sumbar Bambang Dwiyanto. Nasrul menyampaikan apresiasinya pada PLN yang telah menyelenggarakan acara tersebut.

Baca Juga

"Terima kasih pada PLN yang telah mengenalkan si "Gesit", sebagai motor listrik produksi Indonesia. INi merupakan kebanggaan bagi kita bahwa anak-anak Indonesia dari ITS dapat menciptakan produk ramah lingkungan tersebut," kata Nasrul Abit usai menikmati berkendara dengan si "Gesit".

Ia mengharapkan agar masyarakat dapat beralih menggunakan motor listrik produk Indonesia itu karena tidak ada pencemaran udara, tidak ada asap serta lebih irit dari segi biaya. Untuk mewujudkan hal tersebut, ia mengharapkan agar PLN dapat menyediakan lebih banyak tempat-tempat pengisian listrik untuk kendaraan listrik yang dipakai masyarakat nantinya.

Nasrul mengungkapkan, Ia melalui pemerintah Provinsi mengimbau agar produk motor listrik ini diprioritaskan penggunaannya, karena ramah lingkungan dibandingkan bahan bakar. Ia juga meminta agar jajaran Pemda memprioritaskan untuk membeli motor listrik tersebut, minimal untuk penggunaan dalam kota saja.

Selain itu, Peraturan Pemerintah terkait penggunaan motor listrik juga telah disediakan yang telah bisa untuk diterapkan.

"Kita juga pastinya sudah mengetahui bahwa motor listrik ini telah dicoba oleh Presiden RI, Joko Widodo. Jadi sudah pasti teruji kualitasnya," katanya.

Sementara itu, GM PLN UIW SUmbar Bambang Dwiyanto mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian PLN terhadap upaya menjaga lingkungam hidup sekaligus memperkenalkan perubahan gaya hidup berlistrik kepada masyarakat luas.

"Iven ini tujuannya mengajak masyarakat Sumatera Barat untuk bersama-sama peduli ke lingkungan sekitar dimulai dengan mengurangi emisi gas buang kendaraan yang biasa dipakai," kata Bambang.

Selain itu menurutnya, Sumbar sudah siap dengan kehadiran motor listrik. Karena sudah ada 180 titik tempat charge/isi ulang listrik untuk kendaraan tersebut.

"Di Kota Padang saja ada sekitar 80 titik pengirian ulang tenaga motor listrik. Jadi masyarakat tidak perlu cemas untuk kehabisan tenaga motor listrik saat tengah jalan-jalan di tengah kota," kata Bambang.

Selain di titik-titik pengisian tersebut, masyarakat juga dapat mengisi ulang tenaga listrik di rumah mereka selama 3-4 jam.

Dengan penggunaan motor listrik, daerah yang sejuk dan bebas tanpa polusi dapat lebih mudah diwujudkan.(*)

Penulis: Khadijah