Diterjang Banjir, Satu Jembatan Putus di Solsel

Banjir di Kampung Tarandam Nagari Pasar Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu Solsel
Banjir di Kampung Tarandam Nagari Pasar Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu Solsel (Istimewa)

SOLSEL, KLIKPOSITIF -- Kepala BPBD Solok Selatan (Solsel) Richi Amran menyebut cuaca buruk di Solsel telah mengakibatkan terjadinya longsor yang menutupi akses jalan, jembatan putus serta banjir di sejumlah nagari di Solsel pada Minggu 24 November 2019.

"Longsor menutupi badan jalan di Nagari Pakan Rabaa Timur KPGD. Sementara banjir terjadi di Sungai Pagu Nagari Pasir Timur dan Nagari Pasar Muara Labuh," Kata Richi.

Baca juga : Longsor di Solsel, Ribuan Warga Terisolasi

Baca Juga

Selain itu, Jembatan Sungai Pangkua, Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) putus sekitar pukul 21.30 WIB, sehingga tidak bisa dilewati, baik oleh pejalan kaki apalagi kendaraan bermotor.

"Akibat banjir kemarin, kondisi jembatan tersebut sudah rusak tergerus banjir, dan kini telah hanyut," kata Richi.

Dia menambahkan, pihaknya saat ini telah membuat surat yang ditujukan ke Balai Jalan Wilayah III di Padang untuk pinjam pakai jembatan darurat (bayley) untuk akses ribuan warga dan juga pelajar nantinya.

"Jembatan ini sangat vital, karena menyangkut akses 5 ribu jiwa dan 1.500-an pelajar yang bersekolah di jorong seberang, sehingga butuh bantuan jembatan darurat segera," jelas Richi.

Terpisah Wali Nagari Pakan Rabaa Timur KPGD Nasril mengatakan, peristiwa longsor di wilayahnya terjadi di 10 titik, sementara bencana banjir telah menghanyutkan dua rumah.

"Hingga saat ini tidak ada laporan korban jiwa, akibat longsor dan banjir tersebut," katanya.

[Kaka]

Penulis: Iwan R | Editor: -