Buntut Kontroversi Tak Berdarah Indonesia, Nasionalisme Agnez Mo Dipertanyakan

"Walaupun tidak ada aturan yang dilanggar, sebagai penyanyi go internasional, selayaknya Agnes Mo bisa tetap mengharumkan nama Indonesia"
Agnez Mo dan Najmuddin M Rasul (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pernyataan Agnez Mo dalam wawancara bersama Build Series NYC By Yahoo! menghebohkan jagat raya hari ini terutama di media sosial.

Jawaban Agnez Mo seputar keberagaman di Indonesia sangat kontroversial. Di mengaku tidak punya darah Indonesia sama sekali. Karena dia sebenarnya campuran Jerman, Jepang, dan Chinese. Dia pun mengaku hanya lahir di Indonesia.

Pengamat politik dan komunikasi dari Universitas Andalas (Unand) Padang, Najmuddin M Rasul mengatakan sebagai anak bangsa rasa nasionalismenya patut menjadi pertimbangan dan dipertanyakan.

Walaupun tidak ada aturan yang dilanggar, sebagai penyanyi go internasional, selayaknya Agnez Mo bisa tetap mengharumkan nama Indonesia.

"Pernyataannya sangat disayangkan apalagi mengakui tidak memiliki darah Indonesia.Tidak elok rasanya warga kelahiran Indonesia melontar pernyataan demikian. Apalagi disiarkan di channel internasional. Ini tentu menimbulkan preseden di tengah masyarakat," kata Najmuddin, Selasa, 26 November 2019.

Perkataan perlu dijaga agar tidak menimbulkan gejolak terhadap fans dan masyarakat di Indonesia. Ini juga sebagai bentuk menjaga keutuhan NKRI. 

Disisi lain, Najmuddin berharap pemerintah gencar menggelar sosialisasi 4 (empat) pilar bagi kalangan selebritis di Tanah Air. Sebab Najmuddin tak ingin 4 pilar kebangkasaan yakni, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, UUD 1945 dipandang sebelah mata oleh negara lain.

"Saya rasa pemerintah harus gencar melakukan sosialisasi kepada arti-artis di Indonesia supaya hal serupa tidak terulang lagi," tukasnya. (*)