BKSDA Pessel Evakuasi Buaya 3,5 Meter Peliharaan Warga

"BKSDA Resor Pesisir Selatan, buaya berukuran 3,7 meter tersebut sudah berusia 31 Tahun, dan dipelihara sedari kecil."
BKSDA Pessel evakuasi buaya peliharaan warga (ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengevakuasi seekor buaya muara berukuran 3,7 meter dengan berat 1,5 ton yang sudah menjadi peliharaan warga di kawasan Kota Painan, Kamis 28 November 2019.

Seekor buaya yang bernama latin Crocodylus porosus tersebut merupakan milik warga tepatnya di kawasan Batu Tembak Kota Painan. Buaya diserahkan ke BKSDA Resor Pesisir Selatan dengan suka rela.

"Kami mengevakuasi tanpa paksaan. Diperkirakan panjang buaya yang kami evakuasi ada sekitar 3,7 meter," ungkap Kepala BKSDA Resor Pesisir Selatan, Bilmar kepada KLIKPOSITIF.

Dari keterangan pemelihara yang diterima BKSDA Resor Pesisir Selatan, buaya berukuran 3,7 meter tersebut sudah berusia 31 Tahun, dan dipelihara sedari kecil.

"Untuk evakuasi, kami sudah dihubungi beliau (pemelihara) sejak 1 bulan lalu. Dan sekarang baru bisa kami evakusi karena terkendala armada," ujarnya.

Saat proses evakuasi, hewan dilindungi tersebut sempat mengadakan perlawanan pada petugas dan masyarakat yang melihat. Namun, dengan cekatan petugas, buaya tersebut berhasil dipindahkan dari tempat awalnya.

Lanjutnya, setelah proses evakuasi, buaya itu akan ditranslokasi ke Lembaga Konservasi di bawah binaan BKSDA Sumatera Utara. Sebab, di Sumbar saat ini tempat konservasinya sudah over kapasitas.

"Jika sudah bisa dilepaskan, maka dia akan dibebaskan ke habitatnya. Tapi jika belum, maka akan terus dilakukan rehabilitasi dan observasi," terangnya.

Kesempatan itu, pemilik mengaku bahwa telah memelihara buaya itu selama 31 tahun lebih. Bahkan, sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga.

Penyerahannya berkaitan dengan persoalan keamanan pengunjung rumah makan dan warga sekitar. Sebelumnya, buaya sempat lepas beberapa kali. Namun, kembali ditangkap.

"Dulu di sin kan bukan rumah makan. Setelah kami buka rumah makan, kami utuskan untuk menyerahkannya pada ... Baca halaman selanjutnya