Puncak Hari Jadi Kota Sawahlunto, Pemko Gelar Makan Bajamba

Walikota Sawahlunto Deri Asta
Walikota Sawahlunto Deri Asta (Istimewa)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Walikota Sawahlunto Deri Asta mengatakan, puncak hari jadi Kota Sawahlunto ke 131 akan dilaksanakan di Lapangan Segitiga PT. Bukit Asam. Di Lapangan Segitiga tersebut, lanjutnya, akan diadakan 'Makan Bajamba' bersama tamu undangan dan masyarakat.

"Puncaknya pada 1 Desember 2019 nanti. Dimulai dengan Sidang Paripurna di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kemudian diarak bersama ke Lapangan Segitiga untuk prosesi Makan Bajamba," katanya saat press release di Balaikota Sawahlunto , Kamis 28 November 2019.

Deri menambahkan, pihaknya dalam hal ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga menyediakan bagi masyarakat yang ingin ikut merayakan Hari Jadi Kota sebagai bentuk kepedulian Pemko Sawahlunto .

Baca Juga

"Kami menyediakan nasi bungkus bagi masyarakat sebanyak 700 bungkus. Ini sama dengan Hari Jadi Kota tahun sebelumnya dan jumlahnya juga lebih banyak," ujarnya.

Deri Asta melanjutkan, terdapat beberapa rangkaian acara untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Sawahlunto .

"Untuk iven yang mengiringi Hari Jadi , ada beberapa iven yang sudah, sedang, maupun akan berlangsung," tuturnya.

Diketahui Kota Sawahlunto didirikan pada 1 Desember 1888, yang berawal dari penemuan beberapa geolog asal Belanda ke pedalaman Minangkabau. Penelitian pertama dilakukan oleh Ir. C. De Groot van Embden pada tahun 1858.

Kemudian dilanjutkan, Willem Hendrik de Greeve pada tahun 1867. Dalam penelitian de Greeve ditemukan cadangan batubara sebanyak 200 juta ton di aliran sungai Batang Ombilin, salah satu sungai yang ada di Sawahlunto .(*)

Baca Juga

Penulis: Muhammad Haikal

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com