"Selamat Jalan Robert", Kisah Edi Muli Berkawan dengan Buaya Selama 31 Tahun

"Dirawat sejak Robert umur 3 tahun, kini buaya yang sehari-hari hidup dilingkungan rumahnya itu sudah berusia 34 tahun dengan ukuran 3,8 meter harus dilepaskannya untuk diserahkan pada pihak lain."
Usmardi alias Edi Muli pemelihara Robert saat membatu petugas BKSDA untuk mengevakuasi (Ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- "Selamat jalan Robert" begitu si buaya di panggil Usmardi alias Edi Muli (58) saat menyerahkan hewan peliharaannya yang bernama latin Crocodylus porosus ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada Kamis (28/11) dengan raut wajah penuh rasa haru.

Betapa tidak, Edi Muli sudah 31 tahun berkawan dengan Robert, tepatnya sejak tahun 1988. Dirawat sejak Robert umur 3 tahun, kini buaya yang sehari-hari hidup dilingkungan rumahnya itu sudah berusia 34 tahun dengan ukuran 3,8 meter harus dilepaskannya untuk diserahkan pada pihak lain.

Buaya itu sehari-harinya sebelum diserahkan ke BKSDA di tempatkan di kolom seukuran 3X6 meter dengan tinggi sekitar 1,5 meter, tepat di samping rumahnya yang berada di sekitar Teluk Batu Tembak Painan, Kecamatan IV Jurai.

BACA JUGA: BKSDA Pessel Evakuasi Buaya 3,5 Meter Peliharaan Warga

Bagi Edi Muli, hewan tersebut tidak sekedar hewan peliharaan yang paling disukainya, namun juga telah dianggapnya seperti anak sendiri (keluarga).

"Sudah seperti keluarga sendiri, karena setiap waktu saya selalu mengurusnya. Bahkan untuk minum sendiri sering saya suapin," katanya saat ditemui KLIKPOSITIF.

Bukan tanpa alasan Edi Muli harus menyerahkan buaya yang dianggap sebagai bagian dari keluarga yang telah mengisi hari-harinya selama 31 tahun kepada BKSDA tanpa paksaan. Salah satu hal yang mendasari penyerahan Robert tersebut adalah karena faktor usia Edi Muli sendiri.

"Untuk menyerahkan hewan peliharaannya tersebut saat ini cukup beralasan. Sebab, selain kondisi fisik buaya semakin besar, sayapun saat ini tidak konsen lagi untuk mengurusnya, karena faktor usia," kata Edi.

Sebab, katanya, dengan ukuran buaya sebesar itu meski sudah jinak tetap saja sewaktu-waktu bisa membahayakan ... Baca halaman selanjutnya