Jelang Harganas 2020, BKKBN Sumbar Rutin Gelar Kegiatan di Kampung KB

(KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN ) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) gelar senam bersama dengan masyarakat Kampung KB di Koto Lua, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Limau Manis pada Jumat pagi (29/11).

Senam pagi bersama puluhan warga itu juga dihadiri oleh Anggota DPRD Kota Padang Rafdi, Ketua LPM Limau Manis Selatan, Kepala Pokja kampung KB dan Kasi KS Kota Padang DP3AP2KB.

Kabid KS Desra mengungkapkan biasanya BKKBN Sumbar bersama seluruh karyawannya menggelar senam pagi secara rutin. Namun untuk menyambut Harganas 2020, senam pagi itu dilakukan ke seluruh kampung KB yang ada di Kota Padang secara bergilir.

Baca Juga

"Ini merupakan komitmen BKKBN Sumbar untuk rutin menggelar berbagai kegiatan di Kampung KB secara bergilir, salah satunya seperti senam pagi," katanya.

Selain itu, kegiatan di tiap Kampung KB tersebut nantinya akan diikuti oleh anggota DPRD yang tinggal di sekitar pelaksanaan kegiatan untuk mendengar seluruh aspirasi dan kebutuhan masrayakat terkait pemberdayaan Kampung KB," ujar Desra.

Diharapkan melalui kegiatan rutin tersebut, pada pelaksanaan Harganas 2020, telah tercipta kampung KB yang sesuai dengan target BKKBN Pusat dan pemerintah. Dijelaskannya, puncak Harganas dilaksanakan pada 14 Juni 2020 yang akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Nantinya, Presiden Joko Widodo akan mengunjungi Kampung KB yang telah sukses memberikan dampak positif pada masrayakatnya. Kunjungan itu untuk melihat apa saja keunggulan dari Kampung KB yang dikunjungi sehingga persiapan menuju hari penyelenggaran iven tersebut harus dilakukan dengan maksimal.

"Mari kita saling bekerja sama untuk menyukseskan kampung KB di Sumbar. Manfaat Kampung KB itu dari masyarakat untuk masyarakat," katanya.

Sementara itu, Ketua Kepala Pokja kampung KB Kelurahan Limau Manis Selatan Syahrijal mengatakan bahwa saat ini kampung KB daerah tersebut telah didikan sejak 2016 lalu. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan serta program peningkatan ekonomi rumah tangga juga dilaksanakan.

"Namun di kampung KB kita masih banyak kekurangan, contohnya saja peralatan untuk kegiatan bersama masrayakat masih minim. Jadi kita butuh perhatian dari pemerintah setempat untuk lebih mendukung kampung KB kami," jelasnya.

Selain itu, kedepannya, kampung KB Koto Lua juga berencana untuk menyelenggarakan berbagai pelatihan tari tradisional pada anak-anak masyarakat sekitar. Hal itu bertujuan agar kampung KB di daerah tersebut lebih memiliki "keunikan" yang dapat menjadi keunggulan.

"Kalau bisa, kami ingin agar cat rumah kami dibikin seragam sehingga terlihat secara langsung bahwa daerah kami memang kawasan binaan," harapnya.

Di sisi lain, Anggota DPRD Kota Padang Rafdi mengungkapkan pemerintah Kota Padang dan Pemprov Sumbar akan mendukung kesuksesan Kampung KB.

"Kita membutuhkan program yang berkelanjutan. Sehingga jika sudah didapatkan, maka akan mudah untuk mengekseskusinya,"katanya.

Program yang akan diusulkan itu berupa program yang sejalan antara program Kota Padang dengan Kampung KB. Karena hal itu memudahkan Pemko Padang untuk terus menjalankannya dan berdampak baik juga bagi masyarakat yang ada di tiap Kampung KB.(*)

Baca Juga

Penulis: Khadijah

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com