Banyak Muka Lama yang Kembali Mendaftar Sebagai Calon Panwascam di Limapuluh Kota

Pendaftaran Panwascam di Bawaslu Limapuluh Kota.
Pendaftaran Panwascam di Bawaslu Limapuluh Kota. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

LIMAPULUHKOTA, KLIKPOSITIF -- Sampai hari ketiga dibukanya pendaftaran Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota, sudah terdapat sekitar 60 lebih pendaftaran yang diterima Pokja Pembentukan Panwascam Kecamatan Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota.

Ketua Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Yoriza Asra yang ditemui Jumat, 29 November mengatakan, sebagian besar yang mendaftar sebagai petugas Panwascam masih didominasi oleh muka-muka lama yang sebelumnya sudah bertugas sebagai Panwascam pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu.

"Sejak dibuka pada tanggal 27 kemarin, jumlah masyarakat yang mendaftar untuk Panwascam mencapai angka enam puluh orang. Rata-rata alumni Panwascam pada Pileg lalu ikut mendaftar," kata Yori.

Baca Juga

Lebih lanjut, ia menyebut dari 13 kecamatan yang terdapat di Kabupaten Limapuluh Kota, pendaftar untuk Paswascam Kecamatan Lareh Sago Halaman menjadi yang terbanyak.

"Untuk masing-masing kecamatan nanti akan ada tiga orang Panwascam yang kita pilih," kata Yori.

Yoriza juga menambahkan, berbeda dengan perekrutan Panwascam sebelumnya, perekrutan kali ini para pelamar akan mengikuti ujian secara online dengan menggunakan aplikasi socrative, nantinya para pelamar yang telah lulus diwajibkan mundur dari organisasi masyarakat, baik yang berbadan hukum ataupun tidak.

"Bagi masyarakat yang telah memenuhi persyaratan bisa ikut mendaftar sebagai anggota Panwascam sekaligus ikut partisipasi dalam pengawasan Pilkada serentak 2020 nanti," pungkasnya.

Untuk tahapan pembentukan Panwascam sendiri, pendaftaran akan dilakukan sampai dengan 3 Desember, kemudian akan dilakukan penelitian berkas persyaratan administrasi pada 27 November sampai 4 Desember. Pengumuman administrasi akan dilakukan pada 12 Desember.

Tahapan selanjutnya adalah tanggapan dari masyarakat terkait calon-calon yang ditetapkan lolos seleksi administrasi. Untuk tanggapan masyarakat diberi waktu selama empat hari, yaitu 12-15 Desember.

Tes tertulis dan wawancara akan dilaksanakan antara 13-17 Desember. Untuk pengumuman Panwascam yang lolos disampaikan pada 18 Desember dan pelantikan dilaksanakan pada 22-23 Desember. (*)

Penulis: Taufik Hidayat | Editor: -