Efektifkan Anggaran, Solsel Pangkas Paket PL pada RAPBD 2020

"Selama ini pokok-pokok pikiran DPRD itu dipecah menjadi paket kegiatan kecil kalau sekarang disatukan menjadi paket besar untuk ditenderkan"
(Ist)

SOLSEL KLIKPOSITIF -- Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan (Solsel) memangkas kegiatan pembangunan fisik dengan anggaran Rp200 juta kebawah yang dikenal sebagai paket Penunjukan lansung (PL).

"Kita lakukan itu untuk mengefektifkan pembangunan serta mempermudah pengawasan,"Kata ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda usai rapat Paripurna pengambilan keputusan RAPBD 2020 di Golden Arm Sabtu 30 November 2019.

Anggota Banggar dari fraksi Golkar Afrizal Chandra menambahkan penghapusan PL tersebut sebuah terobosan baru dilembaga tersebut.

"Selama ini pokok-pokok pikiran DPRD itu dipecah menjadi paket kegiatan kecil kalau sekarang disatukan menjadi paket besar untuk ditenderkan,"Katanya.

Untuk di pusat kabupaten imbuhnya, seperti menuntaskan Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH), Jalan lingkar Pasar semi modern,Jalan Simpang limau Gaduang dan GOR rimbo tangah.

"Jadi bukan tidak ada pokok-pokok fikiran anggota DPRD. Ada, cuma digabungkan untuk kegiatan tersebut menjadi kegiatan tender bukan PL,"Jelasnya.

Senada anggota DPRD dari fraksi Kebangkitan bangsa berkarya Mukhlis mengatakan keputusan memangkas kegiatan PL tersebut disetujui anggota DPRD dari tiga daerah pemilihan (Dapil) di Solok Selatan.

"Masih banyak Obyek fital yang membutuhkan anggaran besar untuk pembangunannya, sehingga kami sepakat paket PL ditiadakan dan angggarannya digunakan untuk pembangunan obyek fital tersebut," jelasnya

Sekretaris DPRD Solok Selatan Mardiana mengungkapkan anggaran yang didapat dari hasil pemangkasan paket PL tersebut hampir Rp18 miliar.

"Diperoleh sekitar Rp17,9 miliar setelah kegiatan fisik dibawah Rp200 juta yang terdapat di sebelas OPD dihilangkan, Kalau APBD Tahun 2020 secara keseluruhan berjumlah Rp952.5 miliar,"tukasnya. (Kaka)

Foto : Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria, Ketua DPRD Zigo Rolanda, Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan, Sekwan ... Baca halaman selanjutnya