BPBD Sumbar: Bantuan untuk Korban Banjir Bandang Solsel Aman dan Terus Disalurkan

Bantuan di gudang logistik BPBD Sumbar untuk dikirim ke Solsel
Bantuan di gudang logistik BPBD Sumbar untuk dikirim ke Solsel (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat (BPBD Sumbar) Erman Rahman menegaskan, bantuan untuk korban banjir bandang kabupaten Solok Selatan (Solsel) aman dan telah disalurkan dengan baik.

"Alhamdulillah bantuan terus mengalir dari posko utama kekorban banjir bandang. Tidak ada masalah kami sudah dan selalu koordinasi dengan Pemkab," ungkap Erman, Minggu, 1 Desember 2019.

Dijelaskannya, Jumat, 29 November 2019, BPBD Sumbar telah mengirimkan bantuan tambahan satu truk bantuan logistik. bantuan logistik tersebut merupakan bantuan gelombang ke-3 untuk Solsel.

Baca Juga

Dilanjutkannya, pada pengiriman pertama Pemprov Sumbar mengirimkan hampir bersamaan ke 4 kabupaten lainnya yang juga terdampak banjir bandang yakni Kabupaten Pasaman Barat, Pasaman, Agam dan Solok Selatan.

"Bantuan ada yang berupa uang tunai dan logistik seperti selimut, lauk pauk, beras dan keperluan keseharian lainnya," jelasnya.

Dirinci Erman, total bantuan mencapai Rp635 juta dengan rincian, Dana Tidak Terduga (BTT) Rp350 juta, Dinas Sosial mengirimkan lauk pauk senilai Rp194 juta, . Dinas Ketahanan Pangan mengirimkan Sembako (telur beras) senilai Rp31 juta.

Kemudian dari Baznas Sumbar mengirimkan randang sebanyak 125 kilogram senilai Rp35 juta, serta Logistik dari BNPB dan BPBD senilai Rp25 juta. Dari BNPB juga mengirimkan bantuan

Disamping itu, kata Erman, bantuan dari BNPB dalam bentuk Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp250 juta juga sudah diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Solok Selatan.

"Kami juga sampai kepada Kepala BNPB bahwa bantuan logistik di BPBD Sumbar sudah mulai menipis karena sudah didrop ke kabupaten dan kota yang membutuhkannya, disisi lain hujan dengan itensitas cukup tinggi menurut BMKG diperkirakan sampai bulan Februari 2020," tukas Erman. (*)

Video

Dramatis, Personel BPBD Solok Lewati Sungai dengan Seutas Tali

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Joni Abdul Kasir