Tenaga Guru Paling Diminati Pelamar CPNS di Pessel

"Dari 5.453 pelamar, guru mencapai 2.991 orang"
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Pesisir Selatan, Ahda Yanuar (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat melakukan seleksi verifikasi sebanyak 5.453 berkas administrasi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di daerah itu.

"Proses verifikasi berkas akan kami lakukan sampai 15 Desember, dan hasil administrasi diumumkan sesuai jadwal 16 Desember," ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Pesisir Selatan, Ahda Yanuar pada KLIKPOSITIF, Senin 2 Desember 2019.

Ia menjelaskan, dari sejumlah pelamar yang mendaftar, formasi yang paling diminati adalah tenaga guru. Dari 5.453 pelamar, guru mencapai 2.991 orang.

"Guru memang lebih banyak peminatnya, sedangkan tenaga kesehatan 328 orang dan tenaga teknis terbanyak kedua mencapai 2.134 orang," ujarnya.

Menurutnya, dalam proses administrasi seleksi CPNS di lingkungan Pemkab Pessel secara nasional dilakukan secara online, dan tidak lagi memakai verifikasi manual.

"Secara nasional sama, kita hanya lakukan verifikasi online sesuai dengan bahan yang diunggah pelamar. Tidak ada verifikasi berkas atau manual," terangnya.

Lanjutnya, setelah hasil verifikasi seleksi administrasi diumumkan, kata Ahda Yanuar akan ada jadwal masa sanggah bagi pelamar. Selama masa sanggah tersebut, para pelamar bisa meklarifikasi hasil administrasi.

"Masa sanggah itu mulai dari tanggal 17 sampai 19 Desember. Tetapi untuk verifikasi ini akan lakukan dengan seteliti mungkin, untuk menghidarkan kesalahan yang mungkin terjadi," tutupnya.

Diketahui untuk CPNS tahun ini, Pemkab Pessel membuka formasi 159 orang, dari formasi tersebut guru hanya 49 orang, kesehatan 26 orang dan teknis paling terbanyak mencapai 84 orang.

[Kiki Julnasri]