Kota Payakumbuh Wakili Sumbar di Penas Tani

Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh, Depi Sastra.
Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh, Depi Sastra. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Keluar sebagai juara Pekan Daerah (Peda) Tani Sumbar, tim asah terampil Kota Payakumbuh dipastikan mewakili Tuah Sakato pada Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) atau Penas Tani yang akan berlangsung pada 2020 nanti.

"Tim asah terampil Payakumbuh akan mewakili Sumbar untuk tingkat nasional di Penas Tani 2020 nanti," kata Kepala Dinas Pertanian Payakumbuh Depi Sastra, Senin (2/12).

Ia mengatakan, juara pada Peda Tani tingkat provinsi tersebut tidak terlepas dari persiapan dan pendampingan yang dilakukan pihak Dinas Pertanian terhadap tim asah terampil selama masa persiapan.

Baca Juga

"Pendamping dari Dinas Pertanian Payakumbuh terus melatih tim yang mewakili kami. Kami juga terus melakukan pertemuan dengan kelompok tani," sebutnya.

Ke depannya, sambung Depi, tim asah terampil yang akan mewakili Sumbar terus akan diberikan pembinaan dan pelatihan sampai dengan pelaksanaan Penas Tani 2020.

Keikutsertaan tim asah terampil di tingkat nasional dari Payakumbuh merupakan satu keuntungan, sebab peserta dapat mencari ilmu dan pengalaman yang bisa dipakai untuk perkembangan pertanian di Payakumbuh .

"Khususnya untuk pribadi tim asah terampil sendiri, mereka juga dapat membagi pengalaman ke kelompok tani yang ada di Payakumbuh ," ujarnya.

Ia mengatakan, ilmu yang akan didapatkan dapat meningkatkan daya saing di era globalisasi, baik dari SDM dan produk yang dihasilkan.

"Kita tahu, sumber daya alam di Payakumbuh terbatas. Makanya pertanian yang kita tingkatkan itu pertanian integrasi dengan SDM yang ada di kelompok tani," kata dia. (*)

Baca Juga

Penulis: Taufik Hidayat

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com