Sejak Berdiri Unand Telah Lahirkan 231 Guru Besar

"Prof. Yurnalis Kamil guru besar pertama Unand dikukuhkan 1981 dan Prof. Masrul yang terbaru baru saja kita kukuhkan Oktober tahun ini"
Ketua Majelis Guru Besar Unand Prof. Fauzan Azima dan WR II Unand Prof. Syafrizal (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Terhitung, sejak berdiri hingga saat ini Universitas Andalas (Unand) sejak sudah punya 231 orang guru besar. Dari 231 tersebut, 146 orang masih aktif dan tersebar dibeberapa fakultas.

Hal itu disampaikan Ketua Majelis Guru Besar Unand Prof. Fauzan Azima saat Coffee Morning bersama awak media di ruang sidang pimpinan lantai 4 rektorat kampus Unand Limau Manis, Selasa, 3 Desember 2019.

Coffee Morning juga dihadiri Wakil Rektor II Unand Prof. Syafrizal dan Tim Penilai Jabatan Akademik (TPJA) Dosen Yose Rizal.

"Prof. Yurnalis Kamil guru besar pertama Unand dikukuhkan 1981 dan Prof. Masrul yang terbaru baru saja kita kukuhkan Oktober tahun ini," jelasnya.

Dirincinya, dari 146 guru besar tersebut, fakultas pertanian memiliki 24 guru besar, kemudian fakultas kedokteran 12 orang, fakultas ekonomi 13 orang, fakultas hukum 8 orang, fakultas MIPA 19 orang, fakultas peternakan 24 orang.

Selanjutnya, fakultas ilmu budaya 4 orang, fakultas ISIP 5 orang, fakultas teknik 15 orang, fakultas farmasi 12 orang, fakultas teknik pertanian 9 orang dan teknik informasi 1 orang.

"Tahun lalu ada yang pensiun lima orang, kemudian tahun ini pensiun 9 orang. Tahun lalu meninggal satu orang dan tahun ini dua orang," jelasnya.

Dilanjutkannya, pada 2018 sebanyak 7 orang guru besar dikukuhkan, sedangkan 2019 sebanyak 18 dikukuhkan dan pada 2020 mendatang 23 orang telah mendaftar.

"Pendaftar terbanyak untuk tahun depan dari fakultas pertanian," bebernya.

Sementara itu, WR II Unand Syafrizal mengatakan, guru besar Unand harus selalu meningkatkan kapasitas dan kemampuan hal itu dibuktikan dengan karya atau jurnal.

"Profesor itu dibuktikan dengan risetnya, aktif dalam berkarya baik penelitian maupun menulis. Sehingga karya bisa bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Menurutnya empat tahun belakangan Unand telah memberikan berbagai kemudahan kepada lektor kepala agar segera ... Baca halaman selanjutnya