Guru Besar Unand akan Sumbang Pemikiran untuk 100 Tahun Indonesia

Ketua Majelis Guru Besar Universitas Andalas Prof. Fauzan Azima dan WR II Unand Prof. Syafrizal
Ketua Majelis Guru Besar Universitas Andalas Prof. Fauzan Azima dan WR II Unand Prof. Syafrizal (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Universitas Andalas (Unand) menginisiasi pembuatan buku sebagai sumbangsih pemikiran dari 146 guru besar mereka pada 100 tahun Indonesia yang jatuh pada 2025 nanti.

Ketua Majelis Guru Besar Universitas Andalas Prof. Fauzan Azima menyampaikan, saat ini ada 146 guru besar Unand yang aktif. Dari ratusan guru besar itu akan dikumpulkan hasil pemikiran mereka sebagai solusi masa depan.

"Para guru besar akan menulis pemikiran mereka sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Paling banyak lima halaman, kemudian dirangkum menjadi sebuah buku," jelasnya, Rabu 4 Desember 2019.

Baca Juga

Dilanjutkannya, diperkirakan buku hasil pemikiran tersebut akan setebal 400 halaman. Masing-masing guru besar menulis kebutuhan saat ini, sebelumnya dan masa yang akan datang.

"Buku tersebut nanti kita sumbangkan kepada pemerintah," ungkapnya.

Dijelaskannya, guru besar Unand dari latar belakang yang berbeda akan memberikan warna pemikiran apa yang dibutuhkan Indonesia saat ini dan kedepannya. 

"Contohnya dibidang pertanian, mungkin saat alat pertanian saat ini kedepannya ada yang lebih bagus. Begitu juga dengan bidang-bidang lainnya. Kita punya banyak guru besar dengan berbagai bidang ilmu," katanya. (*) 

Penulis: Joni Abdul Kasir | Editor: Eko Fajri