Ratusan Ribu Pengangguran Ada di Sumbar, Ini Solusi Disnakertrans

Ilustrasi pencari kerja
Ilustrasi pencari kerja (KLIKPOSITIF/ Halber)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumatera Barat, Nazrizal mengatakan bahwa hingga saat ini perusahaan yang ada di Sumatera Barat hanya bisa menampung sebanyak 16 ribu tenaga kerja setiap tahunnya.

Sebab itu, ia menilai perusahaan yang ada didaerah itu tidak mampu untuk menampung pengangguran yang saat ini mencapai angka 138 ribu lebih.

"Saat ini untuk angka pengangguran di Sumatera Barat ini masih berada di atas angka nasional. Untuk angka pengangguran Sumbar sebanyaj 5,33 persen, sementara untuk angka nasional sekarang pada angka 5,01 persen," ujarnya.

Baca Juga

Ia mengatakan, sebanyak 8.300 perusahaan menengah-besar di Sumatera Barat masih belum mampu menampung angka pengangguran tersebut.

"Dari pengalaman kita dua tahun terakhir, perusahaan menengah-besar itu hanya bisa menampung sebanyaj 16 ribuan pekerja, sementara angka pengangguran kita saat ini 138.460," lanjutnya.

Menurutnya, pihaknya telah menyiapkan opsi untuk bekerja di luar negeri untuk bisa mengimbangi angka pengangguran tersebut.

"Kami menyediakan lowongan pekerjaan luar negeri untuk pengangguran di Sumatera Barat seperti di Korea, Jepang, Malaysia hingga Australia dan yang baru-baru ini Amerika Serikat juga meminta," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan opsi lainnya berupa pelatikan keterampilan di Balai Latihan Kerja (BLK).

"Setelah pelatihan nanti mereka kan bisa berkreasi dari keterampilan yang telah diberikan," tutupnya.
[Halbert Caniago]

Editor: Eko Fajri