Irzal Ilyas Siap Bertarung Lagi di Pilkada Kota Solok

Irzal Ilyas Datauk Lawik Basa
Irzal Ilyas Datauk Lawik Basa (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kader Partai Demokrat, Irzal Ilyas Datauk Lawik Basa menyatakan kesiapannya untuk maju, di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 Kota Solok. Ia siap maju menjadi calon walikota untuk kedua kalinya.

"Saya secara pribadi siap maju kembali dalam Pilkada 2020 mendatang. Saya secara pribadi berkeinginan berbakti dan berbuat kembali kepada negeri dan masyarakat. Dan sebagai kader Partai Demokrat terbaik di Kota Solok saya siap maju dan menunggu arahan dari partai," katanya di Padang.

Ia mengatakan saat ini pihaknya juga masih melihat peta dan kondisi daerah. "Disatu sisi niat untuk membantu rakyat adalah tujuan awal. Disisi lain kita juga harus menunggu kebijakan partai mengingat kursi kita di Kota Solok hanya dua. Sehingga kita harus berkoalisi dengan partai lain," jelas anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat ini.

Baca Juga

Diakuinya saat ini partai telah menjalin komunikasi dengan empat partai lainnya, yakni Nasional Demokrat (NasDem), Partai Hanura, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P), dan Partai Bulan Bintang (PBB). "Dengan gabungan lima partai ini, maka kita telah peroleh sembilan kursi," tuturnya.

Ia menyatakan pihaknya dari Partai Demokrat teap maju sebagai calon walikota. "Karena dulu saya sudah menjabat walikota, jadi tak mungkin turun menjadi wakil walikota," katanya sambil tersenyum.

Sementara itu, untuk pasangannya nanti baru akan diumumkan di awal April. "Karena pendaftaran di April, jadi kita masih punya banyak waktu untuk melakukan penjaringan dan melihat tokoh-tokoh yang muncul jelang kontes demokrasi ini," tuturnya.

Sebelumnya, Irzal Ilyas pernah memimpin Kota Solok periode 2010—2015. Ia berpasangan dengan H. Zul Elfian sebagai wakil wali kota, mereka berhasil memenangkan pilkada Kota Solok tahun 2010. (*)

Penulis: Fitria Marlina