Masa Tanggap Darurat Bencana Solsel Diperpanjang 14 Hari, Ini Alasannya

Komandan Tim Tanggap Darurat Bencana Solok Selatan Yulian Efi bersama Forkopimda melakukan rapat evaluasi masa tanggap darurat
Komandan Tim Tanggap Darurat Bencana Solok Selatan Yulian Efi bersama Forkopimda melakukan rapat evaluasi masa tanggap darurat (Kaka/KLIKPOSITIF)

SOLSEL , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Solok Selatan ( Solsel ) Sumatera Barat (Sumbar) memperpanjang masa tanggap darurat bencana di daerah itu selama 14 hari atau hingga 19 Desember 2019.

"Keputusan perpanjangan tersebut dihasilkan setelah rapat dengan Forkopimda dan instansi terkait serta melalui berbagai pertimbangan," kata Komandan Tim Tanggap Darurat Bencana Solok Selatan Yulian Efi, di Posko Utama Bencana Solsel , Kamis 5 Desember 2019

Dia mengungkapkan alasan perpanjangan tersebut, diantaranya daerah itu yang terus dilanda hujan, sehingga masyarakat masih takut kembali ke rumah.

Baca Juga

"Pembukaan jalan dan pembuatan jembatan darurat sebagai akses transportasi juga masih berlangsung, serta masih ada warga di pengungsian," jelasnya.

Dia menyebutkan akibat banjir dan longsor pada 22 November 2019 itu sebanyak 935 jiwa mengungsi. Pengungsi tersebut ujarnya, terdapat di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) 595 jiwa, Kecamatan Sungai Pagu 320 jiwa dan Kecamatan Sangir 20 jiwa.

"Saat ini sebagian pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing, sebagian lagi masih bertahan di tempat pengungsian," katanya.

Jumlah pengungsi yang masih bertahan katanya, terdapat di kecamatan KPGD sebanyak 34 KK atau 203 jiwa, dengan rincian di Jorong Manggih 7 KK atau 28 jiwa dan di Balai Adat Pakan Rabaa Timur 27 KK atau 175 jiwa.

"Karena curah hujan masih tinggi posko cadangan di SD Sapan Salak diaktifkan sebagai tempat mengungsi bagi 85 KK," jelasnya.

Dia menambahkan Jalan ke jorong manggih yang sebelumnya belum bisa diakses, hari ini sudah bisa dilalui kendaraan.

"Hari ini jalan menuju jorong manggih sudah bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat dobel gardan," tukasnya. (Kaka)

Baca Juga

Penulis: Rezka Delpiera

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com