Akankah Pilkada Sumbar Lebih Seru dari Sebelumnya?

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Sumatera Barat diprediksi akan lebih seru dibandingkan dengan Pilkada 2015 lalu. Hal ini karena tak adanya the real incumbent dalam pemilihan mendatang.

Pengamat politik dari Universitas Andalas Padang, Edi Indrizal mengatakan dengan tidak adanya the real incumbent akan membuat Pilkada menjadi lebih seru. "Tidak hanya wakil gubernur, setiap bupati dan walikota yang sudah menjabat dua periode juga merasa pantas maju," katanya saat dihubungi di Padang.

Ia mengatakan ada juga anggota DPR RI yang sudah beberapa kali terpilih. "Bahkan dengan dukungan suara tinggi dalam pemilu juga sangat berpeluang maju," tuturnya.

Baca Juga

Disisi lain, dengan adanya beberapa politisi muda yang tampak berhasrat untuk maju di Pilkada nantinya tentunya akan membuat pesta demokrasi ini semakin asik diikuti. "Hasrat beberapa anak muda ini juga menjadi semakin asiknya pesta demokrasi di tahun mendatang," jelasnya.

Menurutnya dengan banyaknya muncul bakal calon di tahun 2020 saat ini, ia memprediksi hanya tiga hingga lima figur saja yang berpeluang maju. "Namun pada akhirnya, dari semua itu hanya beberapa yang diperkirakan berpeluang besar, yakni figur yg dikuatkan karena bukti kerja mereka selama sudah menjadi pejabat publik," jelasnya.

Seperti diketahui, Pilkada Sumbar akan dilaksanakan pada Desember 2020. Namun saat ini, sudah banyak nama bakal calon yang sudah muncul dan mendaftar ke beberapa partai, seperti Nasrul Abit, Mulyadi, Edriana, Indra Catri, Shadiq Pashadique yang mendaftar ke Partai Gerindra. Selain itu, Mahyeldi Ansharulloh dan Riza Falepi juga sudah mendaftar ke Partai Keadilan Sejahtera. (*)

Penulis: Fitria Marlina | Editor: Eko Fajri