Pilkada Sumbar, Asril Das " Si Raja" Buku Mendaftar di 5 Parpol

Asril Das (lima dari kiri) menyerahkan berkas pendaftaran Cagub dan Cawagub Sumbar ke Panitia Penjaringan NasDem Sumbar
Asril Das (lima dari kiri) menyerahkan berkas pendaftaran Cagub dan Cawagub Sumbar ke Panitia Penjaringan NasDem Sumbar (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Ketua Umum Gebu Minang Jawa Barat Asril Das, mendaftar ke Partai NasDem untuk menjadi bakal Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumbar pada Pilkada 2020 mendatang. Selain ke Partai NasDem, Asril Das juga mendaftar ke PPP, PKB dan PDIP.

Ditemani sejumlah tim sukses dari kalangan milenial dan senior, pengusaha sukses itu diterima oleh pengurus dari masing-masing partai politik dan sejumlah panitia penjaringan Cagub dan Cawagub Sumbar.

"Alhamdulillah, hari ini ada empat parpol yang saya datangi. Selain tim sukses dari kalangan milenial dan senior, adik saya Johardi Das juga ikut mengantar saya mendaftar. Besok rencananya saya juga mendaftar ke Golkar," kata Asril Das, Senin, 9 Desember 2019.

Baca Juga

Di Partai NasDem, Asril Das diterima oleh Sekretaris DPW Nasdem Sumbar Muzmaizer Datuak Gamuak, Wakil Ketua DPW Nasdem Masful, dan sejumlah pengurus lainnya. Usai mendaftar ke NasDem, Asril Das bersama rombongan kemudian menuju Sekretariat DPW PPP.

Setiba di sekretariat partai berlambang Ka'bah itu, Asril Das dan rombongan diterima Sekretaris DPW Syafril Huda dan sejumlah pengurus. Usai mendaftar di PPP, pria asal Kotobaru, Kabupaten Solok itu kemudian mengunjungi Sektetariat DPD PDIP, dan setelah itu mendaftar ke PKB.

Usai mendaftar sebagai bakal Cagub dan Cawagub, pengusaha sukses yang juga Ketua Umum Gebu Minang Jawa Barat itu kepada wartawan mengatakan bahwa dirinya ikut maju pada Pilkada Sumbar, karena ingin memberikan sumbangsih pemikirannya terhadap pembangunan Provinsi Sumbar.

"Saya termotivasi maju, karena ingin membangun Sumbar yang lebih baik dari segala aspek, terutama ekonomi, apalagi saya seorang pengusaha/enterpreneur. Mudah-mudahan latar belakang saya ini bermanfaat untuk kemajuan Sumbar ke depan," ujarnya.

Maju pada Pilkada 2020 di Sumbar, tambah Asril Das, bukan serta merta untuk meramaikan perpolitikan Ranah Minang untuk lima tahun ke depan, tapi merupakan kehendak dari seluruh lapisan masyarakat Sumbar, baik di ranah maupun di perantauan.

"Bahkan, berbagai kelompok masyarakat Ranah Minang juga menginginkan saya untuk maju pada Pilkada Sumbar, termasuk dukungan dari Gebu Minang yang disertai oleh doa dan ikhtiar saya secara pribadi untuk membangun Sumbar lebih baik," ungkap Ketua Umum Gebu Minang Jawa Barat itu.

Asril Das merupakan pengusaha sukses yang lahir di Kotobaru, Solok,  Sumatra Barat, 10 Oktober 1954. Asril lahir dari pasangan Darusi Datuk Malintang Alam (ayah) dan Samsinar (ibu) asal Minangkabau. Dia menamatkan pendidikan sarjananya di IKIP Bandung (1980). Asril Das memulai usahanya dari menjadi tukang cukur keliling, menjual rokok, dan berkebun cabai.

Meski bisnisnya mengalami kebangkrutan pada masa krisis pada tahun 1998. Namun ia tidak menyerah, berkat kerja keras dan perjuangannya, akhirnya Asril Das bangkit dari kebangkrutan. Bahkan saat ini, Asril Das telah memiliki beberapa perusahaan penerbitan, jaringan toko buku, dan hotel.

Nama toko bukunya "Lubuk Agung", mengambil nama jorong (desa) tempat kelahirannya di Solok. Saat ini bisnisnya telah merentang dari Solok, Padang, Medan, hingga Bandung. Selain giat berbisnis, Asril juga aktif di berbagai organisasi, baik yang bersifat sosial maupun profesional.

Sebagai pengusaha yang bergerak di bidang percetakan, ia pernah dipercaya menjadi Ketua Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia, Ketua Umum Gabungan Toko Buku Indonesia Jawa Barat, dan Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia Jawa Barat.

Selain itu, ia juga merupakan donatur buku-buku pengetahuan umum bagi setiap Pustaka Nagari yang didirikan di Sumatra Barat. Asril juga merupakan politisi Partai Golkar. Namun pada tahun 2010, dia mencalonkan diri menjadi Gubernur Sumatra Barat dari Partai Demokrat.(*)

Editor: Riki S