Selain Longsor, Ruas Jalan di Kabupaten Solok Juga Alami Terban

Jalan di kawasan Tigo Lurah mengalami terban dan tidak bisa dilintasi kendaraan
Jalan di kawasan Tigo Lurah mengalami terban dan tidak bisa dilintasi kendaraan (Istimewa)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Selain menerjang dua unit rumah warga di Kabupaten Solok - Sumbar, beberapa titik jalan di antara Nagari Rangkaian Luluih dan kawasan Pangka Pulai, Kecamatan Tigo Lurah, juga mengalami terban. Nyaris seluruh badan jalan tersebut terseret ke dalam jurang.

"Badan jalan yang menjadi akses utama masyarakat, sampai saat ini hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki," terang Kalaksa BPBD Kabupaten Solok, Drs. Armen AP, Jum'at 13 Desember 2019.

Dijelaskannya, selain jalan yang terban ke dalam jurang di kawasan Rangkaian Luluih menuju Pangka Pulai, juga ada dua badan jalan lainnya yang ikut terban di kecamatan Tigo lurah. Satu di antaranya berada di jalan Mangguang dan satu lagi di kawasan Baso.

Baca Juga

Sementara itu, di kawasan lainnya di Kabupaten Solok, longsor juga dilaporkan menimbun jalur utama Padang-Muara Labuh, persisnya di kawasan jorong Pintu Rimbo, Nagari Lolo.

Material longsor yang diperkirakan setinggi 1,5 meter sempat memutus akses utama jalan provinsi itu. Longsor tersebar di lebih kurang tiga titik dengan tumpukan material yang bervariasi.

Akses jalan sempat tidak bisa dilewati setaleh tertimbun longsor sekitar pukul 07.30 WIB. Akibatnya, antrean kendaraan dari dua arah jalan tidak bisa dihindari.

Namun kondisi tersebut sudah bisa diatasi menyusul diturunkannya alat berat milik balai jalan wilayah III Sumbar yang bekerja memindahkan material longsor. "Sekitar pukul 10.30 WIB tadi, jalan tersebut sudah kembali normal dan bisa dilewati kendaraan," terangnya.

Selain dua lokasi itu, longsor yang juga belum teratasi ada di Nagari Koto Sani, Kabupaten Solok. Data sementara, ada sekitar 19 titik yang tertimbun longsor dengan tumpukan material yang bervariasi.

"Titik-titik longsor yang parah sampai saat ini masih belum teratasi, karena saking banyaknya kejadian longsor di Kabupaten Solok, sementara kita terbatas dengan alat berat yang dimiliki daerah, petugas masih bekerja," tutupnya.

Diperkirakan, masih banyak lagi titik-titik longsor lainnya yang terjadi di wilayah Kabupaten Solok dan masih dalam pendataan oleh petugas terkait.

[Syafriadi]

Penulis: Iwan R | Editor: -