Ada Lomba Menangkap Rinuak di Danau Maninjau, Ini Jadwalnya

Seorang warga menangkap rinuak di Danau Maninjau
Seorang warga menangkap rinuak di Danau Maninjau (Klikpositif)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, bakal menggelar Festival Rinuak dalam rangka mempromosikan potensi wisata di wilayah itu. Dalam hal ini, pemerintah kecamatan bekerjasama dengan Pemerintah Nagari Sungai Batang dan Komunitas Pemuda Generasi Hamka.

Camat Tanjung Raya, Handria Asmi mengatakan, direncanakan kegiatan pesta rakyat nagari ini digelar 30 Desember 2019, di Nagari Sungai Batang.

Agenda dilaksanakan seperti lomba menangkap rinuak, lomba memasak kuliner inovasi berbahan dasar rinuak, lomba teknik babiduak tingkat anak-anak. Kemudian edukasi pentingnya menjaga kestabilan ekosistem dan biota endemik Danau Maninjau, serta penandatanganan nota kesepahaman bersama dalam rangka kesadaran menjaga lingkungan danau.

Baca Juga

"Festival Rinuak digelar sebagai upaya untuk mengembalikan potensi wisata Danau Maninjau yang sudah lama hilang akibat tercemarnya air danau," sebutnya.

Namun, dengan telah dijalankannya program Save Maninjau sejak beberapa tahun lalu, kondisi danau sudah agak membaik. Bahkan rinuak salah satu biota di Danau Maninjau populasinya mulai meningkat.

Di samping itu, objek wisata juga sudah mulai berkembang, seperti Tapian Panyinggahan, Linggai, Muko-muko dan lainnya.

"Dengan telah mulai berkembangnya objek wisata di Danau Maninjau, maka kita akan mempromosikannya melalui Festival Rinuak," terang camat.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melaksanakan rapat persiapan bersama OPD terkait, supaya kegiatan yang akan digelar dapat berjalan dengan lancar dan sukses. (rel)

Penulis: Rezka Delpiera | Editor: -