Gaduh Interpelasi, Pengamat: Gubernur Sumbar bisa Jelaskan ke DPRD Mengapa ke Luar Negeri

Foto dari beberapa kunjungan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ke luar negeri
Foto dari beberapa kunjungan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ke luar negeri (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pengamat Politik dan Komunikasi Universitas Andalas (Unand) Padang, Najmuddin M Rasul ikut berkomentar soal gaduh Interpelasi Gerindra terhadap Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno terkait sering ke luar negeri (LN).

Dia menilai dugaan ancaman yang dilontarkan istri Gubernur Sumbar, Nevi Zuariana kurang tepat. Jika Irwan Prayitno tidak menyalahi aturan kunjungan ke luar negeri, Irwan bisa memberi keterangan kepada DPRD.

"Kalau melakukan ancaman itu berarti tidak mengerti hakekat demokrasi. Jadi, Irwan tinggal jelaskan di depan DPRD apa tujuan dan maksudnya ke luar negeri. Jangan melakukan ancaman," kata Najmuddin kepada KLIKPOSITIF, Minggu, 15 Desember 2019.

Baca Juga

BACA JUGA : Walaupun Diancam "Tembak Mati" Istri Gubernur, Andre Rosiade Tepat Fokus Interpelasi Gubernur Sumbar 

Dilanjutkannya, Terkait hak interpelasi yang dilakukan Gerindra Sumbar terhadap Irwan Prayitno hal yang biasa. Lagi pula sambungnya, Interpelasi adalah hak parlemen untuk minta klarifikasi atas suatu kebijakan pemerintah.

"Itu sah-sah saja, karena itu hak parlemen," kata Doktor Komunikasi Politik jebolan Universitas Kebangsaan itu.

Itu tanda Gerindra melakukan fungsi kontrol. Sekaligus sebagai aktivitas oposisi parlemen terhadap pemerintah. Maka interpelasi itu adalah hal yang mesti dilakukan anggota parlemen.

"Gubernur kan tinggal jelaskan saja, mengapa ke luar negeri, kalau dalam rangka investasi, kemana saja dan apa dampaknya, seberapa banyak investor yang sudah masuk. Kemudian kalau soal di undang kan bisa juga dijelaskan, siapa yang mengundang," "tukasnya.

BACA JUGA : Diancaman "Tembak Mati" Istri Gubernur Sumbar, Andre Rosiade: Silakan Saja

Sebelumnya, Anggota DPR RI Andre Rosiade menegaskan akan tetap fokus menjalankan Interpelasi terhadap Gubernur Sumbar walaupun diancam" Tembak Mati" oleh istri gubernur dan juga anggota DPR RI dari PKS. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir | Editor: -