Dua Partai Besar Dukung Gerindra Lakukan Interpelasi Terhadap Gubernur Sumbar

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Sumatera Barat Andre Rosiade
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Sumatera Barat Andre Rosiade (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Sumatera Barat Andre Rosiade mengakui bahwa partainya telah mengantongi dukungan dari dua partai besar lainnya di DPRD Sumbar, dalam niat melakukan interpelasi terhadap gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

"Dua partai besar yang mendukung wacana ini yakni Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN). Untuk bisa mengajukan dan melakukan interpelasi, harus ada 34 kursi di DPRD yang mendukung upaya itu. Saat ini, Gerindra memiliki 14 kursi di DPRD Sumbar, Partai Demokrat 10 kursi dan PAN 10 kursi. Total semuanya 34 kursi sehingga syarat awal mengajukan interpelasi sudah terpenuhi," katanya saat dihubungi di Padang, Senin, 16 Desember 2019.

BACA JUGA: Ketua DPRD: Intensitas Gubenur ke LN Tak Seimbang yang Diperolah Sumbar

Baca Juga

Ia mengatakan saat ini pihaknya di DPRD Sumbar terus melakukan penggalangan dukungan dan komunikasi dengan partai lain. "Karena untuk interpelasi, banyak prosedur yang harus dilalui, mulai dari suara dukungan, pengajuan ke pimpinan, kemudian di rapatkan dulu di Badan Musyawarah (Bamus), di paripurnakan dulu, dan jika berjalan dengan baik, maka Januari baru bisa dilakukan," tuturnya.

Menurutnya wacana interpelasi yang diinisiasi oleh Partai Gerindra merupakan hal yang sah dilakukan oleh DPRD Sumbar. "Interpelasi adalah hak anggota DPRD. Mereka sah-sah saja ingin tahun apa saja yang dilakukan oleh gubernur di luar negeri, berapa uang yang dipakai, kemana saja kunjungan itu, dan apa manfaatnya untuk Sumbar," jelasnya.

BACA JUGA: Gaduh Interpelasi, Pengamat: Gubernur Sumbar bisa Jelaskan ke DPRD Mengapa ke Luar Negeri

"Wacana interpelasi ini bukanlah menyudutkan personal, namun mempertanyakan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam kunjungannya ke luar negeri. Kita tidak menyerang, melawan atau lain sebagainya. Ini murni kritikan yang kita lontarkan kepada pihak gubernur," jelasnya.

Sebelumnya, Fraksi Gerindra Sumbar menggulirkan wacana hak interpelasi kepada Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Interpelasi itu untuk mempertanyakan seringnya gubernur melakukan perjalanan ke luar negeri. (*)

Penulis: Fitria Marlina