Dirjen GTK Supriono: Diorama Model Pembelajaran Kreatif dan Inovatif 

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Supriono
Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Supriono (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebanyak 186 sekolah model yang ada di kabupaten kota di Sumatera Barat adu kreativitas dan inovasi model pembelajaran, dengan media diorama.

Diorama adalah sejenis benda miniatur tiga dimensi untuk menggambarkan suatu pemandangan atau suatu adegan.

Guru-guru dari masing-masing perwakilan sekolah berlomba membuat model pembelajaran dengan media diorama semenarik mungkin, dan dengan penyampaian yang kreatif, menarik, inovatif, serta gampang dipahami oleh siswa.

Baca Juga

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Dr. Ir. Moh. Sofian Asmirza, M.Sc mengatakan, para guru membuat pola lain dalam mendidik anak dengan media diorama. Dibuatkan semenarik mungkin oleh guru dan diterangkan seperti bercerita, bagaiman model materi yang akan diajarkan pada siswa.

Dari masing-masing kabupaten kota dipilih empat masing-masing yang terbaik. Setelah ini dilakukan seleksi bersama, mereka diminta mendemonstrasikan membuat diorama yang baru, model pembelajaran yang baru, seperti yang mereka buat namun dengan tema yang baru.

"Kami ambil empat terbaik per kabupaten kota, dan dilombakan lagi di LPMP Sumbar. Mereka mempresentasikan ke depan hasil karyanya, bagi karya terbaik diberikan reward dan hadiah-hadiah menarik lainnya. Sebelumnya per sekolah itu sudah diberikan dana untuk satu tahun dari lpmp sebanyak 20 juta," jelas dia, Selasa, 17 Desember 2019 di Padang.

Sementara itu, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Supriono, mengapresiasi iven Gebyar Penjaminan Mutu Pendidikan 2019 yang diselenggarakan LPMP Sumbar.

“Menurut saya ini bagus, ada model-model pembelajaran, karya-karya diorama yang memang seharusnya dibuat sekreatif mungkin oleh sekolah-sekolah untuk mendukung proses pembelajaran, sehingga siswa bisa aktif,” katanya.

Dia menambahkan, kreativitas dalam membuat model dan media pembelajaran harus dikembangkan terus oleh guru, agar tercipta komunikasi dua arah antara guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

“Selain itu, seminar tentang Pendidikan Guru Penggerak Indonesia Maju juga diharapkan bisa terus digelar, sehingga bisa mengupdate apa yang menjadi perubahan dan perbaikan, serta kebijakan-kebijakan baru tentang dunia dunia pendidikan di Indonesia,” tukas Supriono.

Berikut para pemenang dalam kegiatan Gebyar Penjaminan Mutu Pendidikan 2019, pemanang media diorama juara 1 berhasil diraih Kabupaten Agam SD 12 Padang Luar, SD 13 Limo suku, dan SD 11 Pudung. Juara 2 diraih SD 15 Kabupaten Solok SD Batang Barus, SD 01 Singkarak, dan juara tiga Solok Selatan SD 03 S Kalu, dan SD 13 Air Manyuruk.

Untuk pemenang Vidio lomba pembelajaran tingkat SMP juara 1, 2, dan 3 diraih oleh Endar Madesa SMPN 5 Padang Panjang, Zumfiardi SMPN 7 Padang, dan Yanti Liwasdila SMPN 01 Batang Anai. Untuk pemenang Vidio pembelajaran juara 1, 2, dan 3 diantaranya, Nazwita SMAN 4 Payakumbuh, Irawati SMK Pembina Bangsa Bukittinggi, dan Lies Mutia Linda Wati SMKN 10 Padang. (*) 

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Joni Abdul Kasir