750 Liter Tuak untuk Menyambut Tahun Baru 2020 Diamankan Tim 7 Penegak Perda Payakumbuh

Tim 7 Penegak Perda Kota Payakumbuh saat mengamankan ratusan liter tuak siap edar.
Tim 7 Penegak Perda Kota Payakumbuh saat mengamankan ratusan liter tuak siap edar. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 750 liter minuman keras jenis tuak yang siap diedarkan untuk menyambut pergantian tahun baru diamankan Tim 7 Penegak Perda Payakumbuh pada saat melakukan penggrebekan tempat dan gudang pembuatan tuak milik PS di Kelurahan Labuah Basilang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Selasa (31/12) sekitar pukul 10.30 WIB.

Pada penggrebekan yang dipimpin langsung oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Paraja (Satpol PP), Devitra bersama unsur Polres, Subdenpom dan Koramil itu, disita sejumlah barang bukti berupa, tuak siap edar, empat drum besar, satu ember kayu raru seberat 5 kilo gram untuk bahan membuat tuak. Selanjutnya jeriken ukuran 35 kg sebanyak lima buah, ember kaleng cat dua buah dan satu gayung.

"Kita menggagalkan peredaran miras ini yang menurut pengakuan dari pemilik untuk diedarkan di Payakumbuh dan Limapuluh Kota dalam rangka menyambut pergantian tahun nanti malam," jelas Devitra didampingi Kabid Penegak Perda Syafrizal dan Kasi Penyidik Rikcy Zaindra, Selasa (31/12).

Baca Juga

Ia menjelaskan, pengungkapan kasus tersebut berawal dari laporan masyarakat. Dan penggrebekan disaksikan oleh Lurah Labuh Basilang, Nazril Ardi, staf, dan ketua LPM setempat.


"Awalnya pemilik hanya mengaku tuak tersebut hanya 1 drum yang ada dalam rumah. Namun ternyata diketahui ada gudang penyimpanan lain di dekat rumah tersebut berupa dua liter besar berisi 500 liter," katanya.

Lebih lanjut, Devitra menyebut, kasus tersebut akan diteruskan ke meja hijau untuk memberikan efek jera terhadap pelaku.

"Kita akan masukkan ke Tipiring agar pelaku jera dan juga jadi peringatan terhadap masyarakat umum," tegasnya. (*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Taufik Hidayat