Kadis Pariwisata: Kunjungan Wisatawan ke Kota Padang Naik 25 Persen

Malam pergantian tahun baru 2020 di Pantai Padang
Malam pergantian tahun baru 2020 di Pantai Padang (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian mengatakan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Padang naik 25 persen saat libur Natal 2019 dan tahun baru 2020.

"Jumlah secara pasti masih kita rekap. Namun untuk gambaran secara umum ada peningkatan jumlah kunjungan dari tahun sebelumnya," katanya saat dihubungi di Padang, Senin, 6 Januari 2020.

Menurutnya untuk jumlah kunjungan masih didominasi oleh wisatawan dari luar kota. "Sedangkan untuk objek wisata yang banyak dikunjungi yakni Pantai Aie Manih, Objek wisata Gunung Padang, dan Pantai Padang," tuturnya.

Baca Juga

Ia mengatakan dengan meningkatnya jumlah kunjungan maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga meningkat. "Peningkatan kita lihat dari karcis masuk dan retribusi yang ada di objek wisata itu. Dari tiga objek yang dikelola oleh dinas pariwisata, secara garis besar Pantai Aie Manih termasuk objek yang banyak dikunjungi oleh wisatawan," jelasnya.

Selain tiga objek wisata itu, tempat wisata lain yang ada di Kota Padang juga mengalami peningkatan kunjungan. "Hal itu dapat kita lihat di objek wisata Lubuk Minturun, Pantai Pasie Jambak, dll. Sehingga dari pantauan kita secara keseluruhan kunjungaj objek wisata di Kota Padang naik. Namun untuk hitungan pasti jumlahnya kita masih rekap," tuturnya.

Ia menjelaskan saat ini pemerintah kota juga terus meningkatkan kenyamanan bagi wisatawan di objek wisata. "Hal itu bisa kita lihat dengan pembenahan - pembenahan yang terus kita lakukan dengan pemerintah kota," tuturnya.

Ia berharap dengan adanya pembenahan itu semakin memberikan kenyamanan bagi pengunjung. "Sehingga sektor wisata semakin memberikan PAD yang bagus juga untuk Kota Padang," katanya. (*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Fitria Marlina | Editor: Rezka Delpiera