BPJS Kesehatan

Sikapi Kenaikan Iuran, BPJS Cabang Payakumbuh Lakukan Hal Ini

Kepala BPJS Cabang Payakumbuh, Ryan Abdullah.
Kepala BPJS Cabang Payakumbuh, Ryan Abdullah. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Naiknya iuran BPJS yang mulai berlaku semenjak 1 Januari 2020 disikapi BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh dengan memberlakukan sejumlah program dalam memudahkan warga.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh , Ryan Abdullah menyebut, untuk peserta baru yang mendaftar pihaknya sudah memberlakukan sistem auto debit.

"Kalau dulu untuk pembayaran kita serahkan ke peserta tapi mulai sekarang di awal kita sudah minta mereka untuk memasukkan nomor rekening yang akuntabel dan nantinya otomatis dari bank itu langsung dilakukan pemotongan," kata Ryan kepada KLIKPOSITIF , Selasa (7/1).

Baca Juga

Seperti diketahui, semenjak 1 Januari 2020, iuran BPJS kesehatan ditetapkan naik hampir 100 persen. Untuk kelas 1, iuran naik menjadi Rp160 ribu dari sebelumnya Rp80 ribu. Kelas 2, dari Rp51 ribu menjadi Rp110 ribu. Sedangkan kelas 3, naik menjadi Rp42 ribu dari sebelumnya Rp25,5 ribu.

Dikatakan Ryan, dengan adanya kenaikan iuran tersebut, para peserta BPJS akan mendapatkan kepastian dalam hal mendapat pelayanan kesehatan. Diakuinya, selama ini masyarkat belum mendapat pelayanan maksimal karena pihak BPJS memiliki kendala dalam melakukan pembayaran terhadap Fasilitas Kesehatan (Faskes). Ini berdampak pada telatnya pembayaraan tenaga medis dan ketersediaan obat.

"Dengan adanya kenaikan iuran ini, yang diincar adalah kemampuan likuiditas pembayaraan BPJS Kesehatan membayar Faskes sehingga cash flow (aliran dana) RS tidak terganggu," katanya.

Selanjutnya, pihak BPJS juga menyiapkan petugas untuk menerima keluhan masyarakat apabila merasa tidak mendapat pelayanan maksimal dari Faskes yang bekerja sama dengan pihaknya.

"Bagi RS yang tidak memberikan pelayanan maksimal, secara PKS (Perjanjian Kerja Sama) yang kita tanda tangani, kita bisa mengeluarkan SP 1, 2, dan 3. Kita bisa menghentikan kerja sama terhadap Faskes yang tidak maksimal," katanya.

Dikatakan Ryan, BPJS Cabang Payakumbuh juga memberikan kemudahan terhadap warga yang ingin turun kelas menggunakan program BPJS praktis.

"Kalau dulu, turun kelas dulu harus menunggu satu tahun dan tunggakannya harus lunas. Sampai April nanti, melalui BPJS praktis setiap warga bisa turun kelas setiap waktu," pungkasnya. (*)

Baca Juga

Editor: Taufik Hidayat

Video Terbaru

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com