Waspada Cuaca Ekstrim

BMKG:Padang Akan Dilanda Hujan hingga Tiga Hari Kedepan

Banjir yang melanda Kota Padang pada Kamis sore, 9 Januari 2020
Banjir yang melanda Kota Padang pada Kamis sore, 9 Januari 2020 (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF- Badan Metereologi, Krimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat memperkirakan selama tiga hari kedepan akan terjadi hujan di Kota Padang.

Kepala Stasiun Metereologi Bandara Internasional Minang Kabau (BIM), Sakimin mengatakan hingga saat ini pihaknya memperkirakan hujan akan terjadi hingga 12 Januari 2020.

"Potensi hujan akan terjadi mulai dari ringan, sedang hingga hujan deras. Nanti kalau ada kemungkinan hujan deras, kami akan memberikan peringatan dini," katanya Jumat, 10 Januari 2020 di Padang.

Baca Juga

Menurutnya, hujan deras yang terjadi di Kota Padang dan beberapa derah di Sumatera Barat kemarin dipengaruhi oleh cuaca panas yang terjadi tiga hari sebelumnya.

"Dengan cuaca panas itu, membuat penguapan air laut lebih cepat sehingga awan juga terbentuk dengan cepat sehingga hujan langsung deras seperti kemarin," jelasnya.

Cuaca panas yang disusul oleh hujan deras itu memang merupakan siklus yang terjadi di setiap awal tahun.

"Siklusnya memang seperti itu. Kalau sudah terjadi panas beberapa hari, maka akan ada hujan deras setelahnya," tuturnya.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap banjir jika hujan deras terjadi. Dengan begitu, tidak akan ada korban yang jatuh saat bencana yang tidak diinginkan terjadi. (*)

Video

Dramatis, Personel BPBD Solok Lewati Sungai dengan Seutas Tali

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Rezka Delpiera