Diduga Nekat Terjun ke Laut Menghindari Razia, Seorang Nelayan di Pessel Meninggal

Korban diduga melompat dari kapal karena takut kena razia
Korban diduga melompat dari kapal karena takut kena razia (Ist)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Seorang nelayan di Pantai Muaro Gadang Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan-Sumbar meninggal diduga terjun ke laut karena takut dari kejaran operasi petugas razia lamparan dasar, Minggu pagi 12 Januari 2020.


Wali Nagari Muaro Gadang Air Haji, Cendra Delvino mengungkapkan, peristiwa terjadi sekitar pukul 08.30 WIB bersamaan dengan adanya razia pukat lamparan dasar di perairan setempat. Saat itu tidak hanya kapal yang ditumpangi korban, tapi kapal pengguna lamparan dasar lainnya juga melarikan diri karena takut.
"Korban bernama Ujang BA (55) merupakan warga Muaro Gadang Air Haji (saat hendak mengoperasikan kapal lamparan dasar). Beliau meninggal dunia karena kehabisan nafas setelah nekat terjun ke laut," ungkap Cendra Delvino kepada KLIKPOSITIF .
Ia menjelaskan, razia yang dilakukan Polairud saat itu dalam mencegah terjadi ilegal fishing di perairan setempat. Namun, kebetulan saat itu korban terlebih dahulu keluar dari muara, sehingga khawatir akan ditangkap.
"Saat itu korban kapalnya baru keluar dari muara. Jadi bersamaan setelah keluar dari muara. Tampak orang razia . Karena takut (ditangkap) beliau nekat terjun," ujarnya.
Sementara itu, Kapolsek Linggo Sari Baganti, IPTU Hardiyasmar mengatakan, almarhum meninggal tidak karena dikejar petugas yang razia .
"Berdasarkan informasi dari temannya, almarhum sudah lama sakit jantung dan sakit asma. Saat kapal belum sampai di tengah, diperkirakan karena melihat kapal razia kemudian berbalik. Ketika kapal belum sampai di pinggir, korban sudah melompat dan berenang. Karena ada riwayat jantung dan asma, diduga dia kelelahan," kata kapolsek.
Baca Juga

Penulis: Rezka Delpiera

Video Terbaru

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com