Etna Estelita Resmi Dilantik Sebagai Kepala BKKBN Sumbar

Kepala BKKBN, Etna Estelita.
Kepala BKKBN, Etna Estelita. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno lantik Ir. Hj. Etna Estelita, M.Si sebagai Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN ) Perwakilan Sumbar di Auditorium Gubernuran, Senin, 13 Januari 2019.

Sebelumnya, BKKBN Perwakilan Sumbar dipimpin oleh H. Syahruddin, SH, M.Si yang telah mengemban jabatan semenjak dilantik pada November 2016 lalu. Sementara, Ir. Hj. Etna Estelita, M.Si menerima amanah sebagai Kepala BKKBN Provinsi Bangka Belitung sejak Juli 2017 lalu dan 2020 dipindahkan ke Sumbar.

" BKKBN memiliki peran penting dalam pembangunan keluarga yang berkualitas, terutama di Sumbar. Oleh karena itu, kita berharap dengan pergantian Kepala BKKBN Sumbar yang baru akan membawa terobosan-terobosan baru juga yang akan membawa kemajuan dan meningkatkan pembangunan keluarga berkualitas," kata Irwan Prayitno.

Baca Juga

Menurutnya, koridor bisnisnya BKKBN adalah pembangunan keluarga juga butuh untuk dimantapkan dan disempurnakan agar sukses mencapai target pemerintah. Dalam pembangunan keluarga itu ada ketahanan keluarga, keutuhan keluarga, kesejahteraan keluarga, kebahagiaan keluarga hingga keluarga berencana. Hal itu merupakan isu-isu penting yang dibutuhkan oleh masyarakat dan ini harus kita dukung agar sukses.

Selain itu, ia meminta dengan dilantiknya Kepala BKKBN yang baru tidak mengganggu rencana BKKBN dalam menyelenggarakan Harganas 2020 yang akan digelar pada 8-11 Juli 2020 di Kota Padang, tepatnya di lapangan Imam Bonjol.

"Target pertama yang harus dilakukan oleh Kepala BKKBN Sumbar yang baru dilantik yakni suksesnya penyelenggaraan Harganas 2020," katanya lagi.

Sementara itu, Sekretaris Utama BKKBN Nofrijal yang turut menyaksikan pelantikan Kepala BKKBN Sumbar menyampaikan bahwa dengan bergantinya Kepala BKKBN di Sumbar tidak akan mengganggu pelaksanaan Harganas 2020. mengungkapkan bahwa suksesi itu tidak mengganggu suatu proses kegiatan.

"Buk Etna dan Pak Syahruddin sebenarnya sudah lama kita siapkan. Namun karena terkendala pejabat defenitif di Jakarta sehingga baru sekarang kita lakukan. Saya yakin bahwa koordinasi dan komitmen kita sudah kuat dan hanya membenahi beberapa hal kecil lainnya saja seperti hal-hal teknis," kata Nofrijal saat diwawancara usai proses pelantikan.

Di sisi lain, Kepala BKKBN Etna Estelita mengatakan bahwa beberapa hal prioritas yang akan dilakukan BKKBN seperti RPJM tahun 2020-2024, rebranding logo BKKBN baru, mars, tagline hingga jingle barunya serta penyuksesan Harganas 2020.

Rebranding menurutnya dapat dengan mudah disosialisasikan seiring dengan diselenggarakannya Harganas 2020 yang ditetapkan diselenggarakan bersama Pemprov Sumbar di Kota Padang. Selain itu untuk Harganas 2020, ia hanya butuh meneruskan apa yang telah dilakukan oleh Kepala BKKBN Sumbar sebelumnya.

"Yang harus saya siapkan lagi mengenai Harganas 2020 adalah memastikan agar lancarnya penyelenggaraan kegiatan dan menyukseskannya. Karena Harganas tahun ini cukup penting, selain peringatannya yang ke-27 tahun, tapi kita juga memperingati 50 tahun BKKBN Sumbar telah mengayomi keluarga-keluarga Indonesia sejak 1970," ujar Etna.

Dijelaskannya, pelaksanaan Harganas 2020 di Sumbar menjadi tantangan tersendiri baginya. Namun ia tidak terlalu merasa kesulitan untuk melaksanakannya karena di Sumbar ia telah di Sumbar selama 29 tahun. Hanya saja banyak hal yang harus disesuaikannya setelah beberapa tahun tidak di daerah Rumah Bagonjong tersebut. (*)

Baca Juga

Penulis: Khadijah

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com