Pilkada Pasbar, Spanduk dan Baliho Politik Mulai Ramai

Baliho salah satu balon di Pasbar
Baliho salah satu balon di Pasbar (KLIKPOSITIF/Irfan Pasaribu)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Sejumlah bakal calon Kepala Daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat yang akan maju pada Pilkada September 2020 mendatang, mulai berlomba-lomba melakukan sosialisasi pengenalan diri di daerah itu.

Terlihat upaya perkenalan diri dilakukan berbagai cara. Ada yang bersosialisasi langsung ketengah-tengah masyarakat maupun ke organisasi kemasyarakatan yang ada, seperti ke organisasi kepemudaan, keagamaan dan lainnya.

Akan tetapi saat ini yang banyak terlihat secara kasat mata, pengenalan dilakukan seperti menggunakan spanduk, baliho, kalender, atau sejenisnya. Bakal calon itu yakni, Marta Gunawan, Hamsuardi, Alamsyah, Agus Susanto, Rusdan Nasution dan Syahnan.

Baca Juga

Namun yang paling banyak menggunakan pengenalan melalui media spanduk dan baliho dilakukan oleh Marta Gunawan. Eksportir muda asal Kecamatan Sasak Ranah Pasisia itu, memajang baliho dan spanduk dirinya di berbagai titik di daerah itu.

"Hingga saat ini saya telah memasang baliho dan spanduk di bagian selatan wilayah Kabupaten Pasbar," sebut Marta Gunawan kepada Klikpositif, Selasa (14/1/2020).

Ia melanjutkan, target awal pemasangan baliho dan spanduk dimulai dari Kecamatan Pasaman, Kecamatan Kinali dan Luhak Nan Duo. Selain pemasangan baliho dan spanduk di sepanjang jalan, ia juga memajang poto nya disejumlah angkutan umum dan mobil pribadi.

"Jika di total, ada sekitar 100 buah baliho dan spanduk yang telah kita pasang, baik di papan reklame, spanduk di kedai-kedai maupun di mobil angkot dan pribadi. Hingga malam tadi masih berlangsung pemasangan," ungkap dia.

Menurutnya, ia melakukan itu untuk tujuan melakukan sosialisasi. "Ini saya lakukan agar masyarakat mengetahui siapa itu Marta Gunawan dengan menerakan visi dan misi saya," katanya.

Sedangkan untuk pemasangan spanduk dan baliho, ia melibatkan pihak keluarga dan kaum kerabatnya serta teman-teman. "Saya tidak memakai pihak ketiga dalam pemasangan dan saya juga langsung terjun kelapangan.

Bagi Marta, cara ini sangat efektif untuk memikat hati masyarakat dan pengurus partai yang akan menentukan paslon yang akan diusung nantinya. Sedangkan untuk tim sukses, hingga saat ini ia mengaku belum membentuk tim pemenangan.

"Kita tidak mungkin membentuk tim sukses sekarang, nanti saya melihat hasil survei terlebih dahulu, jika masuk dalam bursa balon yang diminati masyarakat, di situ saya akan menentukan sikap, sedangkan untuk parpol pengusung, InshaAllah sudah ada," ucap Alumni SMA 1 Pasaman itu.

Ia menambahkan, untuk percetakan spanduk dan baliho atau sejenis lainnya ia memanfaatkan percetakan lokal. "Saya tidak menggunakan percetakan dari luar daerah, disini kita bisa menggunakan usaha percetakan lokal yang ada, harga pun tidak jauh berbeda," imbuhnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi