Bicara Program Kesehatan, Nasrul Abit: Puskesmas di Sumbar Mesti Ada Dokter Spesialis

Nasrul Abit
Nasrul Abit (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Ketua Dewan Penasehat Gerindra Sumatera Barat Nasrul Abit optimis maju di Pilgub Sumbar 2020. Dia juga optimitis diusung Gerindra dan saat ini sedang seleksi calon wakil gubernur.

Bantuk optimistisnya, mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode itu telah masuk pada visi misi pendek yang dikonsepnya. Ada beberapa yang ingin dikerjakannya seperti dibidang infrastruktur, ekonomi, sosial masyarakat dan kesehatan.

Di sektor kesehatan, saat ini pelayanan kesehatan menjadi hal terpenting yang dibutuhkan masyarakat. Apalagi mereka yang berada di daerah yang sangat jauh jangkauan dari rumah sakit. Namun, perlu penanganan spesialis.

Baca Juga

"Perbaikan sistem pelayanan kesehatan ini merupakan hal terpenting terutama mereka yang membutuhkan dokter spesialis. Namun, jangkauan daerahnya sangat jauh dari rumah sakit dan hanya ada puskesmas . Maka, untuk itu kedepan perlu perbaikan pelayanan kesehatan, sehingga ini menjadi salah satu program penting kita kedepannya," ujarnya.

Dikatakannya, meskipun saat ini Pemprov Sumbar telah melakukan hal itu dengan menjemput bola ke daerah-daerah dengan mendatangkan langsung dokter spesialis namun itu dirasa belum cukup.

"Kita telah programkan dengan mendatangkan dokter spesialis ke daerah yang jarak rumah sakit dari rumah masyarakat sangat jauh. Meskipun program itu disambut baik masyarakat namun dirasa belum cukup dengan cara itu saja," katanya yang juga Wakil Gubernur tersebut.

Oleh karena itu kedepannya perlu sistem lain selain mendatangkan dokter spesial ke daerah tersebut, yakni dengan adanya dokter spesialis yang menetap di puskesmas terdekat dari masyarakat.

"Jadi dokter spesialis yang ada dirumah sakit kabupaten atau kota tidak lagi menunggu pasien, namun kini mesti ada di puskesmas untuk memberikan pelayanan ke masyarakat, sehingga tidak masyarakat dapat tertanggani dengan cepat tanpa nunggu rujukan ke rumah sakit,"tuturnya.

Disebutkanyan, dengan menugaskan dokter spesialis di puskesmas terdekat mereka tidak lagi menunggu pasien rujukan lagi dirumah sakit, tetapi dapat menanggani pasiennya langsung di puskesmas terdekat.

"Pasien tidak perlu jauh-jauh lagi ke rumah sakit, karena puskesmas sudah ada dokter spesialis yang mana masyarakat sangat membutuhkan pelayanan. Ini salah satu keunggulan kita memberikan pelayanan spesialis dari tingkat dasar," tukasnya.

Sedangkan kata Nasrul Abit untuk hari dokter spesialis ada di puskesmas terdekat, dapat dilakukan pada hari-hari yang mana masyarakat sangat ramai.

"Mereka datang saat pas hari pasar-pasar tradisional. Tentu masyarakat sangat ramai dan pastinya sudah terjadwal sehingga memudahkan masyarakat yang hendak berobat," terangnya.

Selain itu Nasrul telah membeberkan secara garis pokok programnya jika terpilih jadi Gubernur akan membenahi sistem tata kelola pemerintahan, pembangunan ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

"Tentunya program saya ini langsung bersentuhan dengan masyarakat dan untuk kesejahteraannya," pungkasnya. (*)

Baca Juga

Penulis: Joni Abdul Kasir