KPU Pasbar Rekrut 55 Anggota PPK, Ini Syaratnya

Ketua KPU Pasaman Barat, Alharis
Ketua KPU Pasaman Barat, Alharis (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR, KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mulai membuka pendaftaran perekrutan tenaga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebanyak 55 orang, untuk Pilkada di September 2020 mendatang di daerah itu.

"Kita telah membuka pendaftaran untuk PPK pilkada 2020, mulai Rabu tanggal 15 hingga Jumat tanggal 17 Januari minggu ini," sebut Ketua KPU Pasbar, Alharis kepada Klikpositif.

Ia melanjutkan, ada sebayak 55 orang yang dibutuhkan, setiap kecamatan akan ditempatkan sebanyak 5 orang, dengan 1 orang ketua dan 4 orang anggota. Sedangkan untuk syarat bagi pelamar ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Baca Juga

Diantaranya, membuat surat permohonan yang ditujukan kepada Ketua KPU, minimal tamatan SLTA, tidak pernah terdaftar menjadi anggota partai politik dan surat pernyataan bebas dari narkoba dan syarat lainnya.

Kata Alharis, nanti para pelamar yang lulus administrasi, akan dilakukan tes tertulis dan wawancara. "Untuk lokasi tes belum bisa ditentukan, kita lihat dulu berapa jumlah pelamar," katanya.

Bagi peserta yang lulus pasca klarifikasi tahap II akan diumumkan pada tanggal 26 sampai 28 Februari 2020 mendatang. Namun setiap pelamar harus melewati berbagai tahapan hingga diumumkan diterima sebagai tenaga PPK.

Ia menjelaskan, setiap tahapan tes tertulis dan tes wawancara, ada dua rangkaian tahapan lainnya, yakni tahapan tanggapan masyarakat. Pertama tahapan tanggapan masyarakat tahap satu, yakni pasca tes tertulis.

Kemudian tanggapan masyarakat tahap dua pasca tes wawancara. "Bagi mereka yang lolos ini lah, maka akan kita diumumkan pada tahapan pasca klarifikasi tahap dua," jelasnya.

Bagi pelamar yang lulus, akan dilantik pada tanggal 29 Februari dan mulai bekerja pada tanggal 1 Maret 2020. "Masa kerja tenaga PPK ini hanya selama sembilan bulan, mulai 1 maret hingga 30 November 2020 mendatang," terangnya.

Lanjutnya, sedangkan untuk honor PPK berdasarkan menindaklanjuti surat mentri keuangan S735/MK.02/2018 tentang standar honorium badan adhock pemilu 2020. Denga rincian, honorium Ketua PPK senilai Rp2,2juta, sedangkan anggota PPK menerima honorium senilai Rp1,9juta," papar Alharis.

Ia berharap, semoga dengan seleksi ini akan terpilih orang-orang yang memiliki kemampuan dan berintegritas dalam meyelenggarakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat di tahun 2020. "Kita berharap penyelenggaraan pimilihan serentak ini berjalan sukses dan lancar," harap Alharis.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi