Elektabilitas Terus Merangkak Naik, Riza Falepi Enggan Jadi Cawagub

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi.
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF- Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi disebut-sebut sebagai salah satu tokoh yang layak memimpin Sumbar untuk lima tahun ke depan. Hal itu diketahui dari meningkatkannya elektabilitas kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu di sejumlah lembaga survei.

Menanggapi hal itu, Riza Falepi menilai, capaiannya sudah terbilang baik karena ia baru mulai melakukan sosialisasi dalam kurun waktu tiga bulan terakhir.

"Untuk ukuran yang baru bersosialisasi, elektabilitas ini cukup cepat naiknya. Tapi ini bukan hal yang bisa disombongkan, karena pemimpin yang diinginkan rakyat elektabilitasnya akan terus meningkat sampai beberapa saat sebelum pemilihan," kata Riza Falepi, Seni (20/1).

Baca Juga

Ditanya terkait kemungkinan dirinya untuk maju sebagai calon wakil gubernur (Cawagub) pada Pilkada nanti, ia mengaku lebih memilih melanjutkan kepemimpinannya di Kota Randang tersebut.

"PKS juga memiliki kader hebat lain yang belum memegang amanah menjadi kepala daerah, kalau wakil mungkin ustaz (kader PKS) yang lain saja," sebutnya.

Melihat kondisi terkini, bagaimana PKS belum juga memutuskan calon gubernur yang akan diusung pada Pilkada yang akan berlangsung pada 23 September nanti, mantan senator Sumbar itu mengaku tak akan memaksakan kehendak ke partai yang sudah membesarkan namanya itu.

"Kalau ada dari kader PKS yang maju dan mampu silahkan. Saya legowo, dengan menjadi Wali Kota Payakumbuh saja juga tidak apa-apa," kata Riza saat wawancara di ruangannya, Jumat.

Tapi, kata Riza, apabila tidak ada kader yang maju dan PKS menunjuk dirinya untuk maju, maka dirinya menyatakan siap dan akan berusaha dengan maksimal.

"Itu sebuah kehormatan dan amanah, jadi akan saya maksimalkan dalam arti akan mengerahkan segala daya upaya yang dimilikinya. Seperti turun langsung ke masyarakat, mencari partai pendukung lain, dan biaya operasional," sebutnya.

Secara pribadi, Riza mengaku tidak akan meminta-minta jabatan secara berlebihan ke PKS karena ada etika dan akhlak yang harus diikuti di partai.

"Sampai hari ini saya tidak ada melakukan lobi dan meminta-minta agar saya yang ditunjuk PKS. Saya akan menerima keputusan saja," ujarnya.

Khusus dana operasional, sambung Riza, sebagai Wali Kota Payakumbuh saat ini secara finansial, dirinya tidak akan dapat memenuhi biaya operasional apabila tidak ada dukungan dari banyak pihak.

"Kalau ada sumbangan-sumbangan dari orang yang percaya dengan saya, mungkin bisa. Tapi kalau hanya berasal dari pribadi, jelas tidak akan cukup," kata dia.

Di luar pencalonan dirinya menjadi Gubernur Sumbar, Riza berharap agar masyarakat dapat mendukung dan memilih calon yang terbaik. Sebab, pemimpin akan berpengaruh pada kemajuan Sumbar.

"Lompatan-lompatan apa saja yang dapat dibuat oleh pemimpin nantinya. Apabila biasa-biasa saja, saya terus terang akan sedih. Karena sekarang kita membutuhkan pemimpin kreatif," pungkas Riza. (*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Editor: Taufik Hidayat