Dua Kecamatan di Pessel Dilanda Banjir, BPBD: Sudah Langganan

Kondisi banjir akibat hujan lebat yang terjadi, Senin 20 Januari 2020 sore
Kondisi banjir akibat hujan lebat yang terjadi, Senin 20 Januari 2020 sore (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan , Sumatera Barat mengungkapkan, wilayah terdampak banjir akibat hujan lebat, Senin, 20 Januari 2020 merupakan daerah langganan banjir .

Kepala BPBD Pesisir Selatan , Herman Budiarto mencatat, selain Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan. Banjir juga terjadi di Basa Ampek Balai (BAB) Tapan."Lokasinya sama, daerah langganan banjir ," ungkapnya saat dihubungi KLIKPOSITIF .Ia menjelaskan, banjir merendam dua kecamatan ini, salah satunya akibat aliran sungai yang tidak teratur. Sehingga, ketika terjadi hujan lebat, air dengan cepat naik ke permukiman."Dan banjir itu diperkirakan naik mulai sekitar pukul 16.30 WIB. Tapi, saat ini (Senin malam) air sudah surut," terangnya.Ia mengatakan, untuk di Rahul Tapan banjir merendam dua nagari, yakni Nagari Binjai Tapan dan Kampung Tengah Tapan. Sedangkan, di BAB Tapan menggangu akses jalan Nasional Padang-Bengkulu, tepatnya di Kampung Alang Rambah, Nagari Tapan.

"Itu akibat sungai yang jebol (di Rahul Tapan). Tapi, syukur banjir tidak bertahan lama," terangnya.
Lanjutnya, sejauh ini terkait kondisi banjir yang terjadi di daerah itu. Pemerintah sudah mengambil langkah untuk penanganannya, dan tahun ini akan segera dilakukan."Mudah-mudahan kalau jalan tahun ini (2020). Insyalaah bebas dari banjir ," terangnya.Terpisah, Sekretaris Nagari (Seknag) Binjai Tapan, Almirizon mengatakan, di Binjai dan Kampung Tengah Tapan, terdapat sejumlah rumah warga yang terendam. Selain, Kantor Camat Rahul, banjir juga merendam sarana sekolah setempat.

"Dua nagari (Binjai dan Kampung Tengah Tapan) sekitar 135 rumah (yang terendam). Dan banjir ini (terbilang) lebih parah dari banjir sebelumnya," tutup Almirizon. (*)

Baca Juga

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com