15 Hektare Sawah Rusak Tertimbun Longsor, Pemprov Sumbar Bantu Benih

Wagub Sumbar Nasrul Abit meninjau sawah terdampak longsor di Nagari Padang XI Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan
Wagub Sumbar Nasrul Abit meninjau sawah terdampak longsor di Nagari Padang XI Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF - Longsor di Nagari Padang XI Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan pada Selasa pagi (21/1) menyebabkan 15 hektare sawah yang terisi padi rusak. Tak hanya itu 5 unit rumah warga setempat rusak dihantam longsor.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Wakil Gubernur Nasrul Abit tadi pagi (21/1) langsung meninjau lokasi bencana. Dalam tinjauan itu sawah yang sedang berpadi diberikan bantuan bibit, Wagub juga membawa buah tangan makanan siap saji untuk korban longsor.

Sampai di lokasi, Nasrul Abit langsung mendengarkan keluhan dari masyarakat sekaligus meninjau sawah dan rumah yang rusak.

Baca Juga

"Sawah kami hancur pak, rumah juga banyak yang rusak. Kami minta kepada pemerintah untuk membantu kami, terutama lahan pertanian, kalau tidak gimana hidup kami ke depannya," ucap salah satu warga saat ditemui Wagub Sumbar.

Menanggapi hal tersebut, Wagub Sumbar menyebutkan, lahan pertanian yang rusak, benihnya akan dibantu Dinas Pertanian Provinsi. Sementara itu Walinagari diminta untuk mendata luas lahan pertanian masyarakat yang rusak akibat banjir bandang dan longsor, agar perekonomian masyarakat tetap berjalan pascabencana.

"Laporkan segera sesuai data ke kami (Pemprov Sumbar) berapa luas yang rusak agar dibantu. Kita sudah meminta Pemkab Pesisir Selatan segera melakukan pendataan agar bisa pemprov Sumbar membantu bagi korban yang lahan dan rumahnya hancur akibat longsor," ucapnya.

Pada kunjungan itu Wagub juga ikut membersihkan salah satu rumah warga yang tertimbun tanah longsor. (*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Editor: Joni Abdul Kasir