Diterjang Banjir dan Longsor, Pemkab Sijunjung Tetapkan Masa Tanggap Darurat

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin Saat Meninjau Lokasi Bencana
Bupati Sijunjung Yuswir Arifin Saat Meninjau Lokasi Bencana (Ist)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Diterjang banjir dan tanah longsor pada Selasa 21 Januari 2020, Pemerintah Kabupaten Sijunjung tetapkan masa tanggap darurat. Masa tanggap darurat tersebut berlangsung selama satu bulan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin saat meninjau lokasi dan kawasan perumahan warga yang terdampak bencana banjir dan longsor, khususnya yang terjadi di Kecamatan Tanjung Gadang dan Kamang Baru.

"Secara umum ada dua kejadian bencana yang terjadi di sejumlah titik di Kabupaten Sijunjung yakni banjir yang disebabkan luapan air sungai dan tanah longsor. Untuk banjir melanda beberapa kawasan rumah warga, sedangkan longsor terjadi pada ruas jalan lintas," katanya di Sijunjung, Selasa (21/1/2020).

Baca Juga

Yuswir menambahkan, untuk penanggulangan bencana saat ini dari BPBD, PU-PR dan Dinas Sosial sudah melakukan tindakan, termasuk membantu proses evakuasi barang-barang warga yang terendam banjir.

"Kemudian akses jalan yang terkena longsor juga sudah dibersihkan hingga lalulintas sudah normal kembali, begitu juga dengan pendirian dapur umum dan logistik untuk warga yang terdampak," ujarnya.

Yuswir menggungkapkan, pihaknya juga meninjau aliran sungai yang meluap, terutama untuk mengambil tindakan jangka panjang dengan upaya normalisasi sungai. "Kita sudah minta Dinas PU untuk kordinasi dengan PU Provinsi dalam hal ini," tuturnya.

Yuswir menyebutkan, akan ada pembentukan tim terpadu oleh BPBD, tim tersebut akan terlibat langsung dalam pencegahan, penanggulangan dan rekonstruksi bencana di Sijunjung.(*)

Video

Dramatis, Personel BPBD Solok Lewati Sungai dengan Seutas Tali

YouTube channel KlikPositif.com

Editor: Muhammad Haikal