M. Nurnas: Demokrat Sudah Lama Pertanyakan Perjalanan Dinas LN Gubernur Sumbar

Fraksi Demokrat saat mengajukan hak interpelasi ke pimpinan DPRD Sumbar, Selasa, 21 Januari 2020
Fraksi Demokrat saat mengajukan hak interpelasi ke pimpinan DPRD Sumbar, Selasa, 21 Januari 2020 (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sekretaris Fraksi Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat M. Nurnas mengatakan jauh sebelum interpelasi yang diusulkan hari ini, Fraksi Demokrat telah lama mempertanyakan soal perjalanan dinas luar negeri gubernur.

"Sebelum pengajuan interpelasi ini, Fraksi Demokrat sudah mengawali dan mempertanyakan terkait perjalanan dinas luar negeri yang dilakukan saudara gubernur. Kemudian muncul Gerindra yang juga mempertanyakan itu sehingga Demokrat senang karena ada satu fraksi yang berpikiran lebih jauh," katanya di DPRD Sumbar, Selasa sore (21/1/2020).

Ia mengatakan setelah memahami substansi di Fraksi Gerindra, maka pihaknya juga membahas sebelum mengajukan ke pimpinan. "Kita sepakati interpelasi tidak hanya kunjungan dinas luar negeri tapi juga masalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang kami nilai juga memiliki banyak masalah dan tak pernah jelas jawabannya," tuturnya.

Baca Juga

"Ini menggelitik, makanya saya sampaikan ke pimpinan partai, Pak Mulyadi terkait persoalan ini, dan sampai hari ini tak ada bahasa menolak. Jadi kita mendukung interpelai ini dengan alasan masuk dalam substansi Demokrat sendiri," jelansya.

Ia mengatakan jika ketua partai mendukung, maka fraksi juga mendukung. "Besok (hari ini, red) semua anggota Fraksi Demokrat akan berkumpul untuk membahas hal ini lebih mendalam. Selain itu, kita juga harus patuh dengan mekanisme. Setelah disampaikan inisiator ke pimpiman. Pimpinan akan rapat dan mengagendakan dengan Badan Musyawarah (Bamus)," jelasnya.

"Kira berharap ada penyiapan bamus untuk menjadwalkan penyampaian utuh di sidang paripurna. Tahapan selanjutnya penyampaian pendapat fraksi. Jika ada lima fraksi yang mendukung hal ini, maka tak perlu penyampaian pandangan. Mudah-mudahan dengan ini, Demokrat berharap ini tak gagal karena kalau gagal maka tak ada gunanya," paparnya.

Akhir tahun 2019, perjalanan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ke luar negeri dipertanyakan oleh Fraksi Gerindra di DPRD Sumbar. Hal ini karena perjalanan ke luar negeri gubernur belum memberikan efek yang signifikan ke Sumbar. Atas dasar itu, Fraksi Gerindra DPRD Sumbar menginisiasi hak interpelasi kepada pihak gubernur terkait hal itu. (*)

Editor: Fitria Marlina