Dipergoki Satpam, Maling Kotak Amal Dibekuk di Bukittinggi

Bhabinkamtibmas Aiptu Azriyandi Menunjukkan Ventilasi Tempat Maling Masuk
Bhabinkamtibmas Aiptu Azriyandi Menunjukkan Ventilasi Tempat Maling Masuk (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)
BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF- Seorang pemuda asal Matur Kabupaten Agam, RS (15) ditangkap setelah ketahuan mencuri kotak amal di Masjid Jamik Tarok Bukittinggi, Selasa 21 Januari sekitar pukul 23.30 WIB.Aksi pemuda ini diketahui berawal dari kecurigaan Satpam Masjid, Kalek. "Awalnya saya tengah patroli di luar Masjid, mendadak saya melihat lampu bagian dalam mati. lantas saya cek ke dalam,"sebut Kalek, Rabu 22 Januari 2020.Kemudian, Kalek melihat dari dalam Masjid ada cahaya senter dan ia pun menyaksikan ada seseorang yang tengah menghitung uang.


Karena sebulan lalu di Masjid ada kejadian pencurian kotak amal, Kalek kemudian memberitahukan warga setempat dan mengepung Masjid agar pelaku tak bisa kabur.Pelaku sadar jika aksinya diketahui, ia berusaha kabur. Namun, ia tak berhasil setelah dikepung.

Baca Juga


"Ia berlarian panik, sempat juga melawan tapi berhasil kita tangkap. Menurut warga, masih ada pelaku lain yang lebih dahulu kabur,"kata dia.Selanjutnya pelaku yang masih di bawah umur diserahkan ke pihak berwajib. Sementara, Bhabinkamtibmas Kelurahan Tarok Dipo Aiptu Azriyandi mengatakan, pelaku masuk ke Masjid dengan cara memanjat melalui celah yang ada di ventilasi."Ia memanjat pakai tali, setelah berhasil menggapai ventiliasi, ia bisa masuk ke dalam untuk melancarkan aksinya,"ujarnya.Azriyandi mengapresiasi penangkapan yang dilakukan Kalek bersama warga dan berharap kejadian ini tak terulang lagi.


"Pengurus kita imbau untuk segera membawa uang dalam kotak amal jika sudah terisi sehingga tidak mengundang maling, di samping itu ventilasi masjid hendaknya juga dirapatkan agar tak ada celah,"sarannya.Dari tangan pelaku, Polisi mengamankan barang bukti berupa palu, gempok dan tas hitam berisi uang lebih dari 1,9 juta rupiah.

Video

Dramatis, Personel BPBD Solok Lewati Sungai dengan Seutas Tali

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Ramadhani