958 Ribu Warga Sumbar Dibawah Ancaman Megathrust

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Potensi Megathrust Mentawai dengan ancaman gempa bermagnitudo 8,9 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) dan sekitarnya.

Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman menyampaikan, sebanyak 958 ribu warga Sumbar yang akan terdampak megathrust.

Angka sebanyak itu merupakan warga yang tinggal di pesisir pantai, menyebar di 7 kabupaten dan kota. Mulai dari Kabupaten Mentawai, Pesisir Selatan, Kota Padang, Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Agam, dan Pasaman Barat.

Baca Juga

"Kota Padang paling banyak terdampak, hampir 500 ribu orang," katanya, Rabu, 22 Januari 2020.

Untuk itu, pihaknya terus gencar melakukan kegiatan mitigasi bencana dan memperbanyak bangun aman bencana seperti shelter.

"Walaupun demikian, masyarakat tidak perlu panik, namun kesiapsiagaan bencana selalu kita bangun. Bagaimana masyarakat siap san tahu apa yang harus dilakukan saat bencana seperti gempa dan tsunami datang," ujarnya.

Dijelaskan Erman, sejak gempa 2009 lalu, setiap pembangunan gedung di Sumbar harus menyediakan shelter baik di sekolah-sekolah, hotel dan gedung pemerintah.

"Jadi selain mempersiapkan kesiapsiagaan bencana secara mandiri (struktural) juga dilakukan persiapan infrastruktur dilakukan oleh Dinas PU," jelasnya.

Upaya BPBD dalam mitigasi struktural dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada kelompok siaga bencana, siswa hingga mahasiswa dan masyarakat.

"Program ini kami lakukan secara berkelanjutan agar selalu tertanam dalam ingatan masyarakat kalau terjadi bencana apa yang akan mereka lakukan," tukas Erman. (*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Editor: Joni Abdul Kasir