Anggota DPRD Tanah Datar Harapkan Pembangunan Nagari Utamakan Pemberdayaan Masyarakat

Anggota DPRD Adri Jinil Simabura menyampaikan pokok pikiran pada Musrenbang Nagari Batu Taba
Anggota DPRD Adri Jinil Simabura menyampaikan pokok pikiran pada Musrenbang Nagari Batu Taba (irfan taufik)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF - Anggota DPRD Tanah Datar Adri Jinil Simabura Datuak Rangkayo Mulie mengharapkan agar pembangunan di nagari lebih mengutamakan pemberdayaan masyarakat.

"Melihat persoalan sosial kemasyarakatan cukup meningkat saat ini, maka pembangunan nilai-nilai agama, adat dan budaya harus menjadi prioritas," ucap Adri Jinil saat Musrenbang Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuh Selatan, Rabu 22 Januari 2020.

Ia menyampaikan kondisi APBD Tanah Datar tahun anggaran 2020 sekitar Rp1,2 triliun dimana banyak tersedot untuk belanja pegawai dan belanja langsung, sementara untuk kegiatan pembangunan sekitar 40 persen sehingga perlu dibuat kegiatan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Baca Juga

"Kita mengharapkan pembangunan pemberdayaan dan pembinaan masyarakat mendapat porsi lebih besar bila dibandingkan pembangunan infrastruktur," ucap Adri Jinil.

Sementara itu, Anggota DPRD Herman Sugiarto mengapresiasi inovasi program pelayanan prima masyarakat hingga pukul 00.00 Wib yang dilaksanakan oleh pemerintahan Nagari Batu Taba.

"Mudah-mudahan inovasi ini dapat dipertahankan dan dikembangkan untuk melayani masyarakat," tutur Anggota Fraksi Partai Golkar ini.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Tim Musrenbang Pemkab Tanah Datar Nofenril, dimana dalam merancang pembangunan harus diutamakan peningkatan kualitas SDM, pengamalan agama, adat, dan budaya, pengentasan kemiskinan dan pengangguran.

"Kemudian, peningkatan infrastruktur, tata kelola pemerintahan yang baik, lingkungan hidup dan bencana alam, pengembangan pariwisata, pertanian, dan UMKM sebagai penggerak ekonomi daerah," ucap Kepala Dinas Pemnerdayaan Masyarakat Desa dan KB ini.

Sementara itu, Wali Nagari Batu Taba Desriyanto Bandaro Bunsu mengatakan tema pada musrenbang ini untuk melaksanakan pembangunan dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan ekonomi dan sumber daya manusia dalam tata kelola pemerintahan yang baik.

Ia menjelaskan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2020 diantaranya pemeliharaan jalan, kelanjutan jalan usaha tani, air bersih, penyelenggaran PAUD, Posyandu, TPA/TPSA, Sanggar Seni, Rumah Tahfiz, pelatihan pidato adat, kapasitas lembaga unsur, penyuluhan imam dan khatib, safari ramadhan, festival anak nagari, pelatihan kerajinan, menjahit, dan souvenir.

Ikut hadir dalam musrenbang Anggota DPRD Tanah Datar Kamrita dan Abu Bakar, Kepala Dinas Kesehatan Yesrita Zendrianis, pimpinan OPD, Camat Batipuh Selatan Herru Rachman, unsur Muspika, dan para wali nagari. (*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri