Dinkes Padang: Kasus HIV/AIDS Menurun, Masih Didominasi Usia Produktif

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF-- Dinas Kesehatan Kota Padang mencatat kasus HIV/AIDS didaerah itu pada tahun 2019 mulai menunjukan penurunan. Penurunan tersebut mencapai angka 40 persen lebih dibanding tahun sebelumnya.

"Dari catatan kami, kasus (pengidap) HIV/AIDS di Kota Padang yang terdata pada tahun 2019 sudah mulai berkurang dibanding tahun 2018. Pengurangan itu mencapai angka 160 orang. Pada tahun 2019 tercatat sebanyak 287 kasus sedangkan tahun 2018 ada 447 kasus," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani, Rabu 22 Januari 2020.

Ia menambahkan, dari 287 orang yang positif HIV/AIDS di Kota Padang, 150 orang diantaranya merupakan warga luar yang tinggal di Kota Padang.

Baca Juga

"Untuk warga yang memiliki KTP Kota Padang, hanya 137 dari 287 orang yang positif terinfeksi HIV/AIDS," lanjutnya.

Sementara itu, untuk angka pengidap HIV/AIDS tertinggi yang didapati oleh Dinas Kesehatan Kota Padang masih didominasi oleh Lelaki Seks Lelaki (LSL).

"Untuk angka LSL sendiri di tahun 2019 sebanyak 85 orang dari jumlah 287 itu. Sementara untuk kelompok umur yang paling tinggi itu dari 25 tahun sampai 49 tahun," lanjutnya.

Untuk mengurangi pengidap HIV/AIDS sendiri, ia mengatakan ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Seperti tidak melakukan seks bebas, setia terhadap pasangan dan tidak melakukan perilaku menyimpang.

"Kalau tidak melakukan perilaku menyimpang, penyebaran virus HIV/AIDS akan bisa ditekan hingga angka paling rendah," ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perilaku menyimpang dan kembali lagi pada kehidupan yang baik. Sehingga resiko terjangkit virus HIV/AIDS akan semakin kecil.

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri