Ribuan Perantau Sumanik Tanah Datar Pulang Basamo, Ini Jadwal dan Agendanya

Pertemuan IKS Perantauan membahas rencana pulang basamo
Pertemuan IKS Perantauan membahas rencana pulang basamo (irfan taufik)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF - Sebanyak 5.000-an orang perantau Nagari Sumanik, Kecamatan Salimpaung, Tanah Datar akan pulang basamo pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Selama berada di kampung halaman, para perantau selain bertemu dan bersilaturahmi dengan sanak saudara, juga akan mengikuti berbagai kegiatan seperti halal bihalal, malam hiburan berhadiah (Kim), serta ceramah agama oleh ustadz kondang Abdul Somad (UAS).

"Pulang basamo akbar ini perlu kita koordinasikan dengan pihak terkait, pemerintah daerah, dan Kepolisian," ucap Ketua Ikatan Keluarga Sumanik (IKS) Perantauan H. Zainul Ichwan saat pertemuan dengan Wakil Bupati Tanah Datar, H. Zuldafri Darma dan Kapolres AKBP Rohkmad Hari Purnomo di Nagari Sumanik, Rabu malam 22 Januari 2020.

Baca Juga

Zainul mengutip perantau IKS tersebar di seluruh provinsi Indonesia dengan jumlah mencapai seluruh orang. Untuk acara pulang basamo tahun ini, dari DKI Jakarta akan berangkat sejumlah bus yang akan bergabung dengan perantau lainnya saat melintasi Pulau Sumatera.

"Mulai dari Lampung, bus yang didominasi akan beriringan dengan sebanyak 250 minibus menuju kampung halaman. Mudah-suka perjalanan nanti aman dan efisien," tutur Zainul.

Sementara itu, Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma mengatakan pemerintah daerah siap mendukung perantau Nagari Sumanik Pulang Basamo menyemarakan Hari Raya Idul Fitri, karena baru dilakukan pada 2013.

"Pemda akan memfasilitasi para perantau saat ini dan berkegiatan di kampung halaman," kata Zuldafri.

Ia menyebut para perantau telah banyak memberikan perhatian dan mendukung untuk memajukan daerah. Program keberlanjutan pembangunan di kampung halaman tidak terlepas dari sinergitas pemerintahan daerah dengan perantau.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Rohkmat, di mana ia mengapresiasi dan siap mendukung kegiatan pulang basamo tersebut dalam pengamanan.

"Kita masih menunggu dari panitia, membicarakan hal-hal teknisnya, kegiatannya apa saja, kapan saja, kemudian baru kita tentukan jumlah anggota yang akan diturunkan," ucap Rohkmad. (*)

Video

Dramatis, Personel BPBD Solok Lewati Sungai dengan Seutas Tali

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Ramadhani