Hari Terakhir Pendaftaran Calon Anggota PPK di Solsel Pesertanya Membludak

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

SOLSEL, KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan (Solsel) mengatakan hari terakhir pendaftaran perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di daerah itu pesertanya membludak.

"Terima kasih kepada media, yang telah membantu menginformasikan perekrutan PPK ke masyarakat sehingga pesertanya membludak seperti sekarang," kata Divisi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM Andi Andrawan Putera di Padang Aro, Jumat, 24 Januari 2020.

Di mengungkapkan jumlah peserta yang mendaftar sebagai calon anggota PPK untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), saat ini telah melebihi peserta yang mendaftar sebagai calon PPK pada saat Pemilihan presiden (Pilpres) dan Pemilihan legislatif (Pileg) 2019.

Baca Juga

"Pada saat Pilpres dan Pileg calon anggota PPK yang mendaftar hanya 240 orang, sedangkan saat ini berjumlah 269 orang," ungkapnya.

Dengan demikian, sambungnya, pihaknya tidak lagi melakukan perpanjangan pendaftaran karena peserta di setiap kecamatan sudah melebihi dua kali kebutuhan.

"Tidak ada lagi perpanjangan pendaftaran karena kebutuhan sudah terpenuhi," jelasnya.

Dia menambahkan calon anggota PPK yang telah mendaftar, akan dilakukan seleksi administrasi untuk mengikuti seleksi tertulis.

"Bagi yang lulus akan diumumkan untuk dimintai tanggapan masyarakat apakah yang bersangkutan terindikasi sebagai kader partai politik atau tidak," katanya.

Dia menambahkan peserta yang tidak ada laporan dari masyarakat, selanjutnya akan mengikuti test wawancara.

"Mereka yang dinyatakan lulus akan diumumkan pada 15 sampai 29 Februari, dan dilantik pada 29 Februari dengan masa kerja sembilan bulan, terhitung 1 Maret 2020 hingga 30 November 2020," katanya.

Terpisah Komisoner Bawaslu Solsel Ade Kurnia Zelli memastikan akan tetap mengawasi setiap tahap demi tahap perekrutan calon anggota PPK.

"Setiap tahapan perekrutan calon anggota PPK akan kami awasi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," katanya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Rezka Delpiera