Terkait Virus Corona di Wuhan, Ini Penjelasan Ikatan Pelajar Minang Internasional

Pelajar Minang yang tinggal di Wuhan China
Pelajar Minang yang tinggal di Wuhan China (Istimewa)

KLIKPOSITIF - Merebaknya virus corona yang dimulai dari kota Wuhan di China membuat beberapa negara khawatir. Apalagi terdapat warga negaranya yang berada di kota tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum IPMI (Ikatan Pelajar Minang Internasional) Tareq Albanq saat dihubungi KLIKPOSITIF, Sabtu 25 Januari 2020 mengatakan bahwa dirinya telah berkomunikasi dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok Cabang Wuhan. Tareq menjelaskan berdasarkan siaran pers dengan nomor 078/PPITW//PR/I/2020 tanggal 24 Januari 2020 pukul 11.00 waktu Wuhan menginformasikan jumlah mahasiswa dan WNI di Wuhan sebanyak 93 orang.

"Saat ini tidak ada laporan WNI di Kota Wuhan yang terjangkit virus Corona. Semua mahasiswa rata-rata tinggal di asrama dan selalu dalam pantauan kampus. Kemudian hampir seluruh kampus di Wuhan melakukan tindakan pencegahan dengan memberikan masker, sabun cair, dan thermometerg gratis kepada mahasiswa," kata Tareq meneruskan isi siaran pers yang diterimanya.

Baca Juga

Selain itu, PPIT Wuhan juga selalu berkoordinasi dengan KBRI Beijing, Direktorat Perlindungan WNI dan BHI serta telah tergabung dalam grup wechat untuk mempermudah komunikasi dan konsultasi. Kemudian ditambahkannya WNI di Wuhan dimonitor oleh KBRI Beijing tiap saat dan KBRI meminta untuk tidak panik.

"Akses transportasi memang ditutup sementara baik kereta, pesawat, bus dari Wuhan maupun menuju Wuhan untuk mengurangi resiko penyebaran Virus Corona. Pemerintah pastikan supply ke Wuhan tidak terganggu dan supermarket akan tambah stok makanan," ujar Tareq yang tengah berada di Kairo, Mesir.

Siaran pers yang diterimanya tersebut ditandatangani langsung oleh Pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok Cabang Wuhan Periode 2019-2020. Ketua PPIT Wuhan dijabat oleh Nur Musyafak dan Sekretaris Umum I PPIT Wuhan dijabat oleh Rifqa Gusmida S. B.

Video

Dramatis, Personel BPBD Solok Lewati Sungai dengan Seutas Tali

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi