Masih Sering Bingung Cara Check In Tiket Pesawat? Ini Dia Tahap-Tahapnya

Ilustrasi pesawat terbang
Ilustrasi pesawat terbang (Ist)
KLIKPOSITIF --

Saat ini pesawat merupakan salah satu moda transportasi yang digandrungi masyarakat Indonesia. Alasannya adalah karena memang perjalanannya jadi lebih cepat, lalu juga bisa jadi lebih sederhana dan tidak melelahkan, dan yang terakhir ada banyak pilihan destinasi yang bisa dilalui.

Terutama saat ini maskapai di Indonesia ataupun maskapai internasional yang sudah masuk dalam jajaran transportasi Indonesia sudah semakin banyak, akibatnya saat ini terbang rasanya jadi lebih mudah dan tentu saja banyak pilihannya.

Namun memang masih banyak pengguna pesawat yang masih merasa bingung tentang tahapan-tahapan ketika berada di bandara, khususnya untuk masalah check in. Entah itu untuk checkin garuda Indonesia, citilink, lion air ataupun sriwijaya air dan batik air.

Baca Juga

Nah, berikut ini adalah panduan singkat mengenai tahapan-tahapan yang harus kamu lakukan ketika ingin melakukan check in penerbangan, baik itu di bandara.

Pastikan mendapatkan dokumen tiket yang benar

Tahapan pertama untuk melakukan check in adalah memiliki dokumen penerbangannya, atau tiket pesawatnya. Tiket ini biasanya akan diberikan oleh agen perjalanan offline ataupun online, ketika kamu telah selesai melakukan pembayaran. Kamu bisa meminta dokumen ini dalam bentuk printed atau lembaran, dan bisa juga meminta untuk dikirimkan ke alamat email.

Pada dokumen ini nantinya akan tertera jadwal keberangkatanmu, lalu jenis pesawat yang akan kamu gunakan, juga nomor seri penerbangan yang kamu miliki. Ini berguna untuk menghindarkan kamu dari kesalahan jadwal penerbangan. Oh Iya, biasanya juga disertakan dengan peringatan untuk jadwal check in pesawatnya. Umumnya akan diminta untuk mulai melakukan check in pesawat dua jam sebelum waktu keberangkatan. Misalnya kamu berangkat pada pukul 9 pagi, maka kamu sudah bisa melakukan check in pada pukul 7 pagi di hari tersebut.

Perhatikan direksi di bandara mengenai terminal keberangkatan pesawat

Di beberapa bandara, terdapat beberapa terminal keberangkatan yang berbeda. Biasanya bisa dibedakan dari jenis maskapainya atau tujuan keberangkatannya. Ketika kamu akan melakukan check in, kamu pastikan dulu jenis pesawat yang kamu gunakan, dan juga tujuan keberangkatanmu, sebab kedua informasi ini akan menentukan lokasi check inmu akan ada di mana. Jangan sampai kamu salah mengambil terminal keberangkatan pesawat ya.

Perhatikan konter check in, pilih yang sesuai

Dalam bandara konter untuk check in ada beberapa, malahan bisa dikatakan sangat banyak. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, biasanya konter check in ini akan dibedakan dari jenis maskapai dan daerah tujuan. Ketika kamu akan melakukan check in, carilah maskapai yang sesuai dengan yang ada di dokumen penerbanganmu. Misalnya kamu menggunakan garuda Indonesia, pergilah ke tempat konter untuk garuda Indonesia.

Setelah sampai di sana, lanjutkan untuk mencari destinasi yang sesuai, misalnya kamu akan berangkat ke Jakarta, maka mengantrilah di konter yang menunjukkan Garuda Indonesia -- Jakarta. Sebagai informasi tambahan, biasanya di bawah keterangan nama maskapai dan daerah tujuan, akan disertakan jenis pesawat yang terkait. Jadinya kamu bisa kembali mengecek, untuk menghindari kesalahan check in.

Kalau kamu masih bingung, jangan malu bertanya pada petugas setempat ya.

Siapkan dokumen penerbangan dna identitas diri

Dalam melakukan check in di bandara, biasanya kamu akan diminta menunjukkan dokumen penerbangan, yang akan dibantu validasinya dengan identitas diri, dalam hal ini kamu bisa menggunakan ktp. Hal ini bertujuan untuk memastikan data penumpang pesawat. Data diri yang ada di identitasmu harus sama dengan yang ada di keterangan dokumen penerbangan yang kamu berikan. Ketika proses ini selesai, barulah kamu akan mendapatkan boarding pass, yang akan kamu gunakan ketika nanti akan masuk ke pesawat.

Oh Iya, ketika check in di konter ini kamu juga bisa meletakkan bagasimu. Nanti akan ditimbang dan diberikan label dan juga asuransi (bagi yang menyediakan), untuk barang yang kamu miliki, demi menghindari adanya barang tertukar. Nanti ketika kamu hendak mengambil bagasi, cukup liat tag atau identitas yang ada pada kertas yang telah diletakkan di barang.

Masuk ke dalam boarding room atau ruang tunggu

Setelah selesai melakukan check in dan mendapatkan boarding pass, kamu akan melanjutkan proses untuk masuk ke boarding room atau ruang tunggu. Nanti kamu akan dimintai lagi tiket pesawat yang telah diberikan tadi, beserta KTPmu, jadinya harus tetap di standby-kan dulu ya. Setelah di scan nomor penerbangan dan dipastikan kevalidan identitasnya, barulah kamu bisa masuk ke ruang tunggu.

Itulah beberapa poin check in yang bisa kamu perhatikan di bandara. Semoga membantu! (*)

Video

Sumbar Kesulitan Solar

YouTube channel KlikPositif.com

Editor: Pundi F Akbar