Investasi Perumahan di Pariaman Meningkat 20 Persen

Ilustrasi investasi
Ilustrasi investasi (net)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF- Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Pariaman mengungkapkan, realisasi investasi di Kota Pariaman, Sumatera Barat naik 20 persen di tahun 2019.

"Iya ada kenaikan sekitar 20 persen dari tahun sebelumnya. Kalau dikalkulasikan sepanjang 2019 tersebut kenaikannya mencapai Rp 23 milyar," ungkap Alfian Harun, Kepala Dinas Penanaman Modal itu, Selasa 28 Januari 2020.

Dijelaskannya, kenaikan 20 persen tersebut berasal dari investasi pengembang perumahan. Sementara lokasi investasi tersebar di wilayah Kota Pariaman.

Baca Juga

"Itu semua berasal dari pengembangan perumahan sedangkan lokasinya tersebar di beberapa titik Kota Pariaman," sebut dia.

Dikatakannya juga, pada tahun 2018 investasi juga berasal dari pengembangan investasi perumahan.

"Nah kedepannya investasi akan difokuskan kepada pembangunan perhotelan. Perihal ini ditujukan untuk mendukung langkah Pemerintahan Kota Pariaman dalam sektor pengembangan wisata," jelas Alfian.

Menurutnya, pembangunan hotel diperlukan karena selama ini wisatawan yang berkunjung ke Pariaman banyak yang tidak menginap di daerah itu.

Sementara untuk persoalan pembangunan atau investasi di Kota Pariaman dikatakan oleh Alfian terbentur pada pembebasan lahan atau perihal tanah Ulayat.

"Persoalan investasi itu karena lahan di Pariaman merupakan tanah ulayat. Dan sama kita ketahui proses pengurusannya tanah Ulayat itu cukup panjang," katanya.

Namun terkait persoalan itu, kata Alfian lagi, Pemko Pariaman telah membuat atau menyusun aturan untuk menjadikan tanah Ulayat sebagai lokasi investasi.

Video

Dramatis, Personel BPBD Solok Lewati Sungai dengan Seutas Tali

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani