Ini Langkah Dinkes Pasbar Antisipasi Masuknya Virus Corona

Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat
Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR, KLIKPOSITIF - Antisipasi masuknya virus corona di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Pemkab Pasbar melalui Dinas Kesehatan setempat mulai melakukan penyuluhan dengan cara mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Menurut Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Pasbar, Dian Leonita mengatakan, meski hingga hari ini belum ada warga yang terdeteksi terserang virus corona, dinkes dan puskesmas terus berupaya melakukan penyuluhan.

"Kita telah melakukan pengecekan diseluruh puskesmas dan rumah sakit, hingga hari ini belum menemukan adanya warga yang terindikasi mengidap virus corona," katanya, Selasa (28/1/2020).

Baca Juga

Untuk itu ia mengajak, agar masyarakat menerapkan pola hidup sehat bersih, serta melakukan pemeriksaan kesehatan fase kesehatan terdekat. Selain itu kata Dian, pihaknya juga menginteruksikan setiap puskesmas untuk melakukan pemantauan intensif.

"Kita telah menginteruksikan setiap puskesmas disetiap wilayah kerja masing-masing, jika menemukan indikasi virus tersebut, petugas harus segera bertindak cepat sesuai dengan prosedur," ujar Dian.

Dian juga meminta, agar masyarakat tetap tenang. Namun, jika menemukan menyerupai indikasi virus corona terhadap keluarga atau diri sendiri, diharapkan segera melapor dan memeriksakan diri ke puskesmas.

Disamping itu, sebagai langkah pencegahan yang jitu terhadap serangan virus, masyarakat harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta mencuci tangan saat akan makan.

Kemudian menutup mulut apabila sedang bersin, disisi lain masyarakat yang ingin berpergian diluar ruangan harus menggunakan masker atau penutup mulut lainnya," jelas Dian.

Sementara Bupati Pasbar Yulianto meminta masyarakat jangan panik, yang terpenting itu terapkan perilaku hidup bersih dan sehat. "Saya terus memantau perkembangan sejauh mana dampak dari virus corona ini.

Untuk itu Bupati Yulianto mengajak masyarakat untuk bersama mengantisipasi penyebaran virus corona. "Mari kita waspada sedini mungkin dan tidak mudah terpengaruh isu atau berita bohong," ajak Bupati.

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri