KPU Sumbar: Tak Lolos Perseorangan, Bacalon Tak Bisa Lagi Jalur Partai

Ilustrasi
Ilustrasi (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Bakal calon gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota yang ingin maju lewat jalur perseorangan harus memastikan persyaratan dukungan mencukupi. Pasalnya jika tidak lolos melalui jalur ini tidak dibolehkan lagi maju lewat partai.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat Gebril Daulay, Rabu, 29 Januari 2020.

"Jika yang bersangkutan sudah mendaftar dari jalur perseorangan, sudah terverifikasi, dan jika tidak lolos maka tidak bisa mencalonkan diri melalui jalur partai politik. Termasuk bagi calon yang mengundurkan diri, kalau sudah terverifikasi tidak bisa lagi," ujarnya.

Baca Juga

Aturan yang tidak membolehkan itu lanjut Gebriel, tertuang di pasal 34 PKPU nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan gubernur/wakil gubernur, bupat/wakil bupati dan walikota/wakil walikota, termasuk bagi bakal calon yang mengundurkan diri tidak memiliki kesempatan lagi mencalon ke jalur partai politik kalau sudah diverifikasi oleh KPU.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Anggota KPU Sumbar Izwaryani, hingga berita ini diturunkan sudah tercatat 11 bakal calon kepala daerah yang maju dari jalur perseorangan, satu diantaranya untuk bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

Berikut data bakal calon yang akan maju pada pilkada 2020 di tingkat provinsi dan kabupaten kota, satu diantaranya untuk bakal calon gubernur dan wakil gubernur yakni Fakhrizal - Genius Umar. Sementara itu, dari Bukittinggi M Ramlan Nurmatias dan Shahrizal Dt Palang gagah, limapuluh Kota ada dua pasang Ferizal Ridwan dan Nurkhalis, dan Maskar M Dt Pobo dan Masril, dari Kabupaten Agam Mishar dan Syamsul Bahri kabarnya ada calon yang akan memasukkan lagi.

Selanjutnya, Pasaman Barat Agus Susanto dan Rommy Candra, dan Marta Gunawan dan Lili Syukri, Kabupaten Solok Hendra Saputra dan Mahtuzil Rahmat, dan Sijunjung Endre Syaiful dan Nasrul, Kabupaten Padang Pariaman Ramal Saleh dan Rustam, serta Solok Selatan pasangan Jon Martias dan Jufril

Penyerahan persyaratan di tingkat KPU Sumbar untuk bakal calon gubernur dan wakil dari tanggal 16 hingga 20 Februari, dan untuk bakal calon pasangan walikota dan wakil serta bupati dan wakil dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2020.

"Jumlah dukungan untuk bakal calon gubernur dan wakil sebanyak 316.051, tapi kemungkinan nanti akan digenapkan jadi 400 ribu. Jadi pada saat verifikasi, jika ada yang tidak masuk maka ada dukungan penggantinya," tukasnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir