Legislator Tanah Datar Harapkan Program Pembinaan Masyarakat di Nagari Jadi Prioritas

Musrenbang Nagari Padang Magek, Kecamatan Rambatan
Musrenbang Nagari Padang Magek, Kecamatan Rambatan (irfan taufik)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -Anggota DPRD Tanah Datar Adri Jinil Simabura Datuak Rangkayo Mulie mengatakan, pembangunan di nagari hendaknya lebih mengutamakan kegiatan untuk pembinaan masyarakat.

"Melihat persoalan sosial masyarakat yang meningkat saat ini, maka pembangunan nilai-nilai agama, adat dan budaya harus menjadi prioritas," ucap Anggota DPRD Tanah Datar Adri Jinil Simabura Datuak Rangkayo Mulie saat Musrenbang Nagari Padang Magek, Kecamatan Rambatan, Rabu 29 Januari 2020.

Ia menyampaikan, kondisi keuangan daerah lebih banyak untuk belanja pegawai dan belanja langsung, sehingga perlu dibuat kegiatan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Baca Juga

"Pembangunan pemberdayaan dan pembinaan masyarakat mendapat porsi lebih besar bila dibandingkan pembangunan infrastruktur," ucap Adri Jinil.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Tim Musrenbang Pemkab Tanah Datar Nofenril. Katanya, dalam merancang pembangunan harus diutamakan peningkatan kualitas SDM, pengamalan agama, adat, dan budaya, pengentasan kemiskinan dan pengangguran.

"Kemudian, peningkatan infrastruktur, tata kelola pemerintahan yang baik, lingkungan hidup dan bencana alam, pengembangan pariwisata, pertanian, dan UMKM sebagai penggerak ekonomi daerah," ucap Kepala Dinas Pemnerdayaan Masyarakat Desa dan KB ini.

Sementara itu, Penjabat Wali Nagari Padang Magek Mukhlis mengatakan, tema pada musrenbang ini untuk melaksanakan pembangunan dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan ekonomi dan sumber daya manusia dalam tata kelola pemerintahan yang baik.

Ia menjelaskan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2021 diantaranya peningkatan pengaspalan jalan Rambatan-Padang Magek-Galogandang sepanjang 3 kilometer dengan pagu anggaran sebesar Rp3,5 miliar, pengaspalan jalan Simpang Gobah-Padang Magek sepanjang 2,2 kilometer sebedar Rp2,5 miliar.

Kemudian, pengedaman irigasi Sawah Pulau-Sawah Jauah dengan luas 700 hektare sebesar Rp750 juta, pengedaman irigasi Sawah Tabiang seluas 225 hektare sebesar 500 juta, rehab pagar sebanyak 3 sekolah dasar sebesar Rp750 juta, dan rehab Masjid Tawakal sebesar Rp500 juta.

Ikut hadir dalam musrenbang pimpinan OPD, Camat Rambatan Liza Martini, unsur Muspika, dan para wali nagari. (*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera